Bisa Kok! Ini 7 Tips Menabung 1 Juta Per Bulan

Memulai kebiasaan menabung memang bukanlah hal yang mudah untuk diterapkan, karena memerlukan komitmen dan konsistensi. Namun, tidak perlu khawatir karena kita punya tips menabung 1 juta per bulan yang bisa kamu terapkan langsung dengan mudah.

Pada artikel ini juga kita akan membahas mengapa menabung itu bisa dimulai dengan lebih mudah jika sudah menetapkan nominalnya. Yuk, selengkapnya di bawah ini!

Tips Menabung 1 Juta Per Bulan

Sebagai orang yang belum terbiasa untuk menabung tentunya saat ingin memulai menabung akan menghadapi berbagai halangan. Karena itu, dengan mulai menentukan nominal uang yang akan ditabung setiap bulannya tentu akan lebih mudah dan terpacu untuk komit pada hal tersebut.

Terlepas dari besaran yang didapatkan perbulan maupun mereka yang belum memiliki penghasilan pasti setiap bulannya, kamu tetap bisa mulai menabung dengan berbagai tips di bawah ini.

  • Mencari Pekerjaan Sampingan

    Pekerjaan sampingan adalah salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan dan tentunya cocok untuk kamu yang memiliki keahlian. Dari hasil pekerjaan sampingan kamu dapat menyisihkan sebagian uangnya untuk ditabung. Biasanya penghasilan bulanan dari pekerjaan sampingan ini berkisar dari Rp500 ribu - Rp2 juta tergantung dari jenis pekerjaan yang dipilihnya.

    Contoh pekerjaan sampingannya adalah seperti fotografer, content writer, desain grafis, blogger hingga menjadi jasa jual properti. Dari pekerjaan sampingan tersebut tentunya akan memberikan kamu pengalaman lebih sehingga kedepannya kamu dapat memaksimalkan penghasilan yang bisa kamu raih.

    Pastikan kamu dapat membagi waktu dengan baik ya agar tidak menjadi beban dalam pekerjaan ini dan dapat hasil yang lebih optimal.

  • Memulai Usaha Kecil-Kecilan

    Siapa yang tidak mau memiliki usaha yang sukses? Sekarang kamu bisa mulai merintis usaha impian kamu dengan mulai membangun usaha kecil-kecilan. Mungkin banyak yang berpikir jika memulai usaha membutuhkan modal, tidak lagi perlu khawatir karena sekarang sudah banyak pilihan usaha yang tidak membutuhkan modal.

    Contohnya menjadi reseller, dropshipper, admin media sosial hingga affiliate marketer. Namun, walaupun tanpa modal kamu tetap harus melakukannya dengan serius seperti dengan menggunakan strategi marketing yang tepat agar hasilnya dapat optimal.

  • Melakukan Investasi

    Investasi merupakan salah satu cara terbaik untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Nah, salah satu tips menabung 1 juta per bulan yang paling mudah dilakukan adalah dengan mengoptimalkan penghasilan tambahan dari investasi.

    Beberapa contoh investasi untuk kamu yang ingin menabung 1 juta per bulan seperti investasi saham, deposito berjangka, reksadana hingga yang terbaru yaitu investasi P2P Lending. Ketiga jenis itu relatif dapat dimulai dengan modal kecil.

  • Kurangi Pembelian yang Tidak Perlu

    Berbelanja atau membeli sesuatu hal yang diinginkan memang rasanya sangat menyenangkan. Namun, apabila kita selalu melakukan hal tersebut secara rutin tanpa melihat pemasukan serta pengeluaran tentu akan membuat kondisi keuangan kita makin tidak stabil.

    Membeli sesuatu hal memang bukanlah hal yang tidak boleh dilakukan, namun kamu harus lebih bijak dengan mulai memilih mana yang memang dibutuhkan bukan hanya sekedar diinginkan. Untuk mulai mengurangi pembelian yang tidak perlu, kamu dapat mulai melakukan pencatatan rutin baik itu secara harian, mingguan atau bahkan bulanan jika diperlukan. Sehingga pengeluaranmu dapat digunakan dengan lebih optimal.

  • Jangan Mudah Tergiur Promo

    Poin ini sebenarnya kurang lebih sama dengan poin sebelumnya dimana adanya diskon atau potongan harga tentu akan sangat menarik perhatian kita saat sedang berbelanja. Hal ini harus terus diperhatikan dan diterapkan agar tidak mudah tergiur saat barang yang terdapat promo atau potongan harga.

  • Buat Catatan Keuangan

    Membuat pembukuan atau pencatatan keuangan rutin juga bisa menjadi tips kamu yang ingin konsisten menabung. Catatan keuangan ini dimaksudkan agar kamu dapat terus mengetahui berapa banyak pemasukan dan pengeluaran secara bulanan. Diharapkan dengan pencatatan keuangan ini kamu dapat mengelola keuangan dengan lebih optimal.

    Hal tersebut juga dapat membuat kamu lebih mudah merealisasikan menabung secara rutin sehingga alur pemasukan dan pengeluaran kamu dapat terlihat lebih jelas.

  • Membuat Rekening Khusus untuk Menabung

Yang terakhir dan paling penting juga menyediakan rekening khusus menabung. Pembuatan rekening khusus ini dimaksudkan agar uang yang telah ditabungkan bisa lebih aman dan tentunya juga membuat kita lebih disiplin. Apalagi rekening khusus ini juga bisa melakukan autodebet sehingga dapat membuat kita lebih disiplin dan tentunya hasilnya akan lebih efektif menabung 1 juta per bulan.

Jadi, kapan menerapkan tips menabung 1 juta per bulan di atas? Yuk mulai menabung dengan menggunakan Produk Tabungan dari Danamon karena apapun tujuannya, Danamon memiliki berbagai macam Produk Tabungan sesuai dengan kebutuhan mulai dari tabungan pendidikan, tabungan anak, tabungan masa depan, tabungan hari tua dan berbagai macam tabungan lainnya.


MOST POPULAR