6 Perbedaan Kartu Debit dan Kredit yang Wajib Kamu Tahu!

Melakukan transaksi secara digital di era seperti sekarang memang sudah menjadi hal yang sangat lumrah kita temui di berbagai kesempatan. Hal tersebut juga didukung dengan munculnya pandemi Covid-19 yang membuat orang lebih prefer untuk melakukan transaksi secara digital.

Untuk melakukan transaksi secara digital biasanya orang memanfaatkan penggunaan kartu baik itu kartu kredit, kartu debit ataupun e-money. Tetapi, masih banyak orang yang tidak mengerti perbedaan serta penggunaan dari kartu-kartu tersebut terutama bedanya kartu debit dan kredit.

Lalu, sebenarnya apa perbedaan kartu debit dan kartu kredit?

Ini Bedanya Kartu Debit dan Kredit

Kartu Debit

Kartu debit adalah jenis kartu pembayaran berbasis elektronik yang diterbitkan oleh pihak bank. Kartu ini juga memiliki fungsi sebagai pengganti untuk pembayaran secara tunai. Hanya jumlah yang digunakan untuk belanja sesuai dengan saldo yang dimilikinya pada kartu tersebut. Kartu debit juga dapat digunakan untuk penarikan uang tunai secara cepat menggunakan mesin ATM.

Kartu Kredit

Kartu kredit merupakan suatu kartu yang dapat digunakan sebagai pengganti uang tunai dimana kartu tersebut dapat digunakan di tempat-tempat yang dapat menerima pembayaran dengan menggunakan kartu kredit. Saat menggunakan kartu kredit seseorang dapat menggunakan dana yang bukan miliknya, namun dia bisa menggunakannya terlebih dahulu dan dapat diganti di kemudian hari.

Selain perbedaan tersebut juga ada 7 perbedaan kartu debit dan kartu kredit yang perlu kamu ketahui seperti.

  • Perbedaan Fisik Kartu Debit dan Kredit

Fisik menjadi hal pertama yang terlihat dari perbedaan kedua kartu tersebut. Karena, biasanya kartu debit terdapat nama bank atau penerbit kartunya, selain itu kartu debit juga memiliki chip (EMV/NSICCS). Chip ini akan berguna sebagai pengganti magnetic stripe (swipe) saat melakukan transaksi pada mesin ATM atau EDC.

Kartu debit juga memiliki hologram untuk menunjukkan keaslian dari kartunya. Lalu, kartu debit juga memiliki 16 digit PAN atau Payment Account Number. Kartu debit juga memiliki logo network seperti Visa/Mastercard/American Express dan sebagainya kadaluarsa kartu juga terdapat pada kartu debit.

Sedangkan kartu kredit apabila kita lihat dari tampilan biasanya lebih elegan dibanding kartu debit, terutama untuk kartu kredit jenis Gold atau Platinum. Pada kartu kredit juga biasa tampilan huruf atau angkanya akan timbul (embossed).

Kartu kredit Di Indonesia sendiri biasanya sudah menggunakan teknologi chip (EMV). selain itu pastinya kartu kredit juga sudah memiliki logo atau prinsipal termasuk jenis atau level kartu seperti Visa/Mastercard.

  • Limit Penggunaan

Dari limit penggunaan juga biasanya kartu kredit memiliki limit penggunaan yang berlaku, sedangkan pada kartu debit tidak ada limit penggunaannya. Kartu kredit biasanya memiliki limit pembayaran yang berlaku bulanan. Nominal limitnya pun akan berbeda-beda, bergantung dengan jenis serta kebijakan bank yang berbeda.

Untuk kartu debit, tidak ada limit penggunaan karena selama saldo dalam tabungan masih ada, tentu pengguna dapat melakukan proses transaksi. Saldo tabungan ini dapat kamu isi melalui beberapa cara mulai dari setor tunai lewat ATM atau Bank maupun melakukan transfer.

  • Biaya Transaksi

Biaya transaksi tentunya menjadi pembeda diantara dua kartu ini. Biaya pada kartu debit ini tentu lebih murah dibandingkan dengan kartu kredit. Contohnya, saat melakukan transfer uang ke bank lain menggunakan kartu debit melalui ATM kamu hanya dikenakan biaya transaksi Rp6.500.

Sedangkan pada kartu kredit tentunya banyak biaya lainnya yang harus kamu bayarkan mulai dari biaya administrasi, biaya keterlambatan pembayaran, biaya bunga, biaya tagihan auto-payment hingga biaya-biaya lainnya. Selain biaya itu, apabila kamu melakukan penarikan tunai menggunakan kartu kredit melalui ATM biasanya akan dikenakan biaya yang cukup besar tergantung dengan kebijakan bank itu sendiri.

  • Mekanisme Transaksi Kartu Debit dan Kredit

Pada saat kamu menggunakan kartu kredit untuk membayar suatu hal, pengguna harus melakukan verifikasi dengan melakukan penandatanganan. Hal ini dimaksudkan agar kartu kredit ini memang digunakan oleh pemiliknya itu sendiri bukan dengan orang lain.

Sedangkan lain halnya dengan kartu debit yang bisa dipindahtangankan kemana saja selama mereka memiliki PIN dari kartu debit tersebut mereka dapat menggunakannya dengan lebih mudah.

  • Beda Kartu Debit dan Kredit Berdasarkan Solusi Pembayaran

Biasanya banyak yang menganggap bahwa dengan menggunakan kartu kredit tentu akan membuat segala transaksi yang dilakukan menjadi lebih mudah dan efisien. Namun, perhatikan bahwa uang yang digunakan merupakan utang yang dapat dibayar baik itu sekaligus maupun dengan metode cicilan. Karenanya, walaupun mudah kartu kredit adalah utang yang harus selalu diingat kewajibannya.

Lain halnya, dengan kartu debit yang memang adalah uang kita sendiri atau saldo di dalam tabungan. Sehingga dari sisi penggunaan tentunya lebih tenang tanpa harus memikirkan pembayarannya.

  • Perbedaan Promo

Perbedaan lainnya tentu ada pada promo, biasanya penggunaan kartu kredit ini menawarkan lebih banyak promo yang menarik dibanding kartu debit. Biasanya promo yang ditawarkan mulai dari promo poin, cashback hingga potongan harga langsung jika menggunakan kartu kredit.

Nah, dari beberapa perbedaan kartu debit dan kredit di atas tentunya kamu sudah mulai bisa menentukan apa kartu yang cocok untuk gaya hidup kamu. Pastikan menggunakan kartu tersebut dengan bijak agar dapat menekan risiko yang ada.

 

Gunakan kartu kredit Danamon untuk mendapatkan kenyamanan kamu dalam melakukan transaksi dan menikmati gaya hidup. Dapatkan promo menarik dari penggunaan kartu kredit Danamon