5 Peluang Bisnis Syariah yang Cocok untuk Millenials

Tertarik memiliki bisnis yang berbasis syariah? Bisnis syariah mempunyai market pasar yang luas dan cukup menjanjikan. Apalagi jika dijalankan oleh kaum millenials yang aktif dan kreatif. Beberapa peluang bisnis syariah yang cocok untuk millenials di antaranya sebagai berikut:

Kosmetik Halal
Bisnis syariah dikembangkan berdasarkan aturan Al Quran dan Hadist. Menjual produk yang halal menjadi salah satu prinsip bisnis syariah. Termasuk menjual kosmetik yang halal dan aman untuk penggunanya. Sebelum memulai usaha syariah, sebaiknya lebih dulu mencari mencari distributor terpercaya, selanjutnya membuka toko kosmetik yang menjual produk-produk halal.

Tidak hanya banyak peminatnya, kandungan dalam kosmetik halal biasanya aman untuk kulit. Sebagian besar komposisi yang digunakan terbuat dari bahan alami dan herbal. Usaha syariah kosmetik halal tidak hanya memberikan keuntungan untukmu, tapi juga konsumen. Mereka akan terhindar dari beberapa masalah kulit yang berbahaya, salah satunya adalah kanker kulit.

Fashion Muslim
Fashion khusus untuk muslim bisa jadi peluang bisnis syariah untuk kamu. Terlebih lagi, sebagian besar penduduk Indonesia menganut agama Islam. Tentunya bisnis ini jadi peluang besar untuk mendapatkan banyak peminat dan selalu dicari.

Kamu bisa menjual hijab, baju muslim, set koko untuk laki-laki, dan sebagainya. Distro muslim juga bisa jadi peluang usaha syariah masa kini. Tak hanya offline store, kamu juga bisa membuat toko online khusus fashion muslim. Perubahan cara berbelanja dari offline atau berbelanja secara langsung di toko dan berubah menjadi online dapat menjadi peluang bisnis syariah. Nggak perlu ribet, kamu bisa memulainya dengan menjadi reseller. Tapi sebelumnya, cari produsen hijab dan fashion muslim terpercaya dulu ya. 

Travel
Indonesia menjadi negara dengan jamaah haji dan umroh terbanyak di dunia. Setiap tahunnya, ada jutaan haji dan umroh yang berangkat dari Indonesia. Nah, hal ini bisa jadi peluang emas untuk berbisnis. Salah satu bisnis syariah yang populer saat ini adalah penyedia jasa atau agen travel.

Kamu bisa membuka usaha tour and travel khusus jamaah haji dan umroh. Tentunya, harus sesuai dengan hukum syariah dan tidak menggunakan dana talang terlebih dahulu dan terbebas dari riba. Namun kamu membutuhkan modal yang tidak sedikit dan perlu menyiapkan beberapa dokumen seperti SIUP, NPWP, Tanda Daftar Perusahaan, dan Izin Biro Wisata.

Tak perlu khawatir jika belum memiliki cukup modal untuk menyiapkan sejumlah dokumen tersebut. Kaum millenials tetap dapat membuka usaha syariah ini dengan cara bergabung dengan perusahaan yang sudah ada dan menjadi sub agennya. Cukup mudah kan?

Salon Khusus Muslimah
Satu lagi peluang bisnis syariah yang menarik dilakukan saat ini yaitu membuka salon khusus untuk muslimah. Bagi wanita berhijab tentunya memerlukan salon khusus yang ramah, dimana mereka harus tetap menutup aurat dari lawan jenis.

Salon dengan konsep ini umumnya tak mengijinkan lawan jenis untuk masuk, seluruh pegawai dan pelanggannya adalah wanita. Untuk pelayannya, kamu bisa menyediakan perawatan seperti salon pada umumnya, mulai dari rambut, kuku, serta pijat atau spa.

Blogging Konten Islami
Selain menyampaikan informasi, membuat konten blog juga dapat menjadi sumber penghasilan lho. Kamu bisa memulai dengan membuat blog berisi konten-konten islami. Beberapa jenis konten populer seperti traveling islami, kisah muslim inspiratif, gaya hidup islami, dan sebagainya.

apapun jenis kontennya, sebaiknya dibuat semenarik mungkin dan bermanfaat bagi pembaca. Semakin menarik konten blog yang kamu buat, akan semakin banyak pengunjung yang membaca tulisan di blog kamu. Jika banyak pembacanya, maka kamu bisa melakukan monetisasi pada blog yang kamu buat.

Itulah lima peluang bisnis syariah yang bisa dipilih para millenial. Sudah menentukan jenis usaha syariah apa yang ingin kamu pilih? Tak perlu bingung soal modal! Bank Danamon memiliki produk investasi syariah yaitu Syariah Business - Pembiayaan Investasi iB.

Syariah Business bisa kamu manfaatkan untuk pembiayaan tempat usaha, barang modal, atau sarana produksi lainnya sesuai dengan prinsip syariah. Nasabah SME maupun wholesale bisa melakukan investasi dengan pembiayaan yang lebih menguntungkan, jangka waktu fleksibel sesuai kebutuhan. Margin fixed dengan syarat jangka waktu pembiayaan menggunakan skema jual beli Murabahah.

Tertarik dengan investasi syariah dari Bank Danamon? Segera apply Syariah Business - Pembiayaan Investasi iB sekarang!



MOST POPULAR