Trik Jitu Mendapatkan Modal Usaha untuk UMKM

Kondisi pandemi jadi tantangan tersendiri bagi para pelaku bisnis utamanya untuk usaha UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM). Melihat hal ini pemerintah tidak diam, berbagai upaya mulai dari relaksasi pinjaman hingga restrukturisasi dilakukan. Jika Anda adalah pelaku bisnis UMKM dan saat ini membutuhkan kredit usaha mikro untuk modal usaha, ada beberapa trik yang bisa dilakukan. 

1. Menentukan model bisnis yang tepat. 

Saat Anda ingin mengajukan pinjaman untuk modal bisnis, pastikan sudah menyiapkan model bisnis yang tepat. Sebagai contoh Janji Jiwa, mereka tidak memiliki banyak modal untuk pemasaran namun mengandalkan kolaborasi dan networking yang kuat, untuk sistem marketing juga diarahkan secara digital supaya lebih efisien. Janji Jiwa juga menyempurnakan konsep bisnis waralaba dengan pembinaan mitra. Anda bisa mencontoh konsep bisnis Janji Jiwa ini atau mencoba konsep bisnis lain, disesuaikan dengan barang/jasa yang ditawarkan. 

2. Siapkan dokumen usaha yang detail

Ini adalah tips yang paling krusial jika UMKM Anda ingin dilirik oleh investor atau pemberi pinjaman. Siapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dalam pengajuan, buat proposal usaha yang lengkap, rapi, dan enak dibaca. Dalam proposal ini harus terdapat informasi usaha, visi misi usaha, laporan keuangan. Semakin lengkap dokumen yang Anda miliki makin besar pula kemungkinan pinjaman tersebut bisa cair. Mengingat salah satu syarat pencairan modal usaha adalah pencatatan keuangan yang baik dan histori keuangan yang sehat.

Biasanya investor akan lebih tertarik pada usaha yang masih dalam tahap pengembangan dengan potensi growth tinggi. Artinya pemilik bisnis harus bisa menampilkan data potensi pasar, berapa banyak potensi yang sudah diserap kompetitor, sehingga bisa menilai berapa besar peluang bisnis UMKM tersebut. 

3. Disiplin dalam mengelola keuangan 

Agar pencatatan keuangan Anda terlihat sehat, jangan pernah mencampur keuangan bisnis dan keuangan pribadi. Salah satu cara memisah antara keuangan pribadi dan usaha adalah dengan memiliki badan usaha supaya pencatatan keuangan terpusat. Bila memungkinkan Anda bisa merekrut akuntan yang handal dan jujur. 

Kembangkan Bisnis UMKM Anda Bersama Danamon Solusi UKM

Danamon Solusi UKM merupakan solusi untuk Anda yang tengah membutuhkan pinjaman UMKM. Beberapa solusi pinjaman UMKM yang ditawarkan oleh Bank Danamon antara lain:

Solusi Investasi Ruko
Untuk Anda yang ingin mewujudkan mimpi memiliki tempat usaha. Kredit usaha mikro dari Bank Danamon ini ringan, cepat, fleksibel, dan menguntungkan.

Solusi Investasi Usaha
Solusi investasi usaha merupakan pinjaman UMKM yang bertujuan untuk meringankan pembiayaan kepemilikan dan refinancing tempat usaha dengan bentuk properti komersial. FItur cashback dari Danamon pada investasi ini akan memudahkan Anda dalam mengembangkan usaha sekaligus memperbesar keuntungan. 

Solusi Modal Kerja
Ini adalah bentuk dukungan dari Danamon untuk Anda yang butuh pinjaman sebagai modal usaha. Anda dapat menggunakan kredit usaha mikro ini untuk pembiayaan kebutuhan operasional usaha sehari-hari, seperti pembelian bahan baku, hingga stok dengan penjaminan fixed asset.

Syarat dan Ketentuan Danamon Solusi UKM
● Pemilik usaha perorangan atau badan usaha (CV, PT, BPR, Kop-Kar).
● Lama usaha minimal 2 tahun.
● Memiliki aset properti untuk dijaminkan, seperti: rumah tinggal, ruko, rukan, gudang, pabrik, dan lainnya.
● Tidak termasuk dalam industri yang dilarang, seperti: tempat hiburan, kasino & perjudian, perdagangan senjata dan semacamnya.
● Pembiayaan terkait usaha yang dimiliki (investasi atau modal kerja) dengan pinjaman mulai dari Rp. 500 juta s/d Rp. 20 Miliar.

Tertarik mengembangkan usaha bersama Danamon? Ajukan Danamon Solusi UKM sekarang juga!


MOST POPULAR