Mengenal Apa Itu Uang Digital dan Keuntungan yang Ditawarkan

Perkembangan ekonomi yang sangat cepat dan pesat membuat sebagian besar proses pembayaran konsumen di seluruh dunia juga ikut berpindah, dari cara konvensional seperti uang fisik ke cara digital menggunakan uang digital. Nah, sebetulnya apa sih uang digital itu dan keuntungan seperti apa yang bisa Anda dapatkan dengan bertransaksi secara digital? Temukan jawabannya di sini!

Apa Itu Uang Digital?

 Sesuai namanya, mata uang digital hanya tersedia dalam bentuk digital atau elektronik. Mata uang digital juga sering disebut sebagai electronic currency, atau cyber cash. Mata uang digital tidak berwujud dan hanya bisa ditransaksikan menggunakan komputer atau smartphone yang terhubung dengan internet. Layaknya uang konvensional, uang digital dapat digunakan untuk beli barang serta bayar layanan dan tagihan tertentu. 

Dijadikan sebagai alat pembayaran digital, uang digital kerap kali disamakan dengan uang elektronik padahal keduanya memiliki perbedaan yang jelas. Dikutip dari cnnindonesia.com, menurut Direktur Eksekutif sekaligus Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan jika uang digital (central bank digital currency/CBDC) merupakan uang digital yang diterbitkan dan jadi kewajiban bank sentral terhadap pemegangnya. Sedangkan uang elektronik adalah instrumen pembayaran yang diterbitkan oleh pihak swasta atau industri dan merupakan kewajiban penerbit uang elektronik tersebut terhadap pemegangnya. 

Keuntungan Menggunakan Uang Digital 

Faktor kenyamanan dan aksesibilitas
Saat melakukan transaksi, Anda tak lagi perlu membawa uang tunai atau mengunjungi ATM. Bahkan Anda tak perlu hadir secara fisik untuk melakukan pembayaran tersebut. Anda dapat melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja dengan uang digital. 

Praktis dan aman
Uang tunai memiliki kecenderungan untuk menempati makin banyak ruang penyimpanan sedangkan uang digital hanya biasanya berbentuk server based yang memakan sedikit tempat atau bisa digunakan via smartphone bawaan masing-masing. Bentuk uang digital lebih praktis sekaligus lebih aman saat Anda gunakan untuk bertransaksi. 

Mudah dilacak 
Pembayaran dengan uang digital bisa disimpan dalam database khusus pedagang. Baik pedagang dan pelanggan memiliki akses mudah ke informasi ini. Ini dapat memudahkan Anda untuk menghindari kebingungan saat melacak pembayaran. 

Perencanaan keuangan bulanan lebih akurat
Dengan transaksi menggunakan uang digital, financial planning Anda akan lebih tertata - tercatat secara akurat dan rinci karena setiap transaksi dilakukan secara cashless. Anda bisa tahu berapa jumlah uang yang keluar setiap harinya beserta jenis pengeluarannya. Dari data transaksi ini, Anda jadi lebih bijak dalam mengatur keuangan bulanan. 

Menghemat waktu 
Dengan menerapkan transaksi menggunakan uang digital, Anda bisa lebih cepat memulai sekaligus mengakhiri sebuah transaksi dan  bergerak ke kegiatan selanjutnya. Anda juga tak lagi perlu repot mencari uang kembalian jika ada kelebihan transaksi. Semua transaksi bisa dibayar dengan nilai yang akurat. 

Transaksi Harian Instan dengan Danamon Flazz dan D-SAVE

Dari berbagai uang digital, uang elektronik maupun dompet digital di Indonesia, salah satu yang bisa Anda pilih adalah uang digital Danamon. Ada Danamon Flazz sebagai uang elektronik dan D-Save sebagai dompet digital. 

Dengan kartu Danamon Flazz, Anda dapat melakukan transaksi harian secara instan. Cukup dengan tap Danamon Flazz pada mesin EDC / reader di semua merchant yang bertanda Flazz dan transaksi Anda akan terselesaikan. 

Sedangkan D-Save adalah tabungan yang memberi kemudahan dalam bertransaksi, bebas biaya admin, dan bebas biaya tarik tunai. Daftarnya bisa online lagi, via D-Bank Registration!



MOST POPULAR