5 Tips Simple Menyiapkan Tabungan Pendidikan Anak

Menabung jadi salah satu cara untuk menyiapkan rencana keuangan yang matang, terutama masa depan anak. Tidak ada salahnya menyiapkan tabungan pendidikan anak sedini mungkin, sebab jumlah nominal pengeluaran untuk kebutuhan sekolah kian bertambah. Tabungan anak memberikan banyak manfaat, termasuk mengajarkan anak untuk memahami prinsip menabung, membiasakannya disiplin, dan masih banyak lagi. Berikut beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum membuat rekening tabungan khusus anak. 

Membuat Anak Jadi Lebih Bijak dalam Menggunakan Uang
Membuat rekening khusus tabungan anak akan mendorongnya jadi lebih bijak dalam menggunakan uang yang ditabung. Anda bisa memberikan anak kebebasan dalam mengambil keputusan mengenai tabungan tersebut akan digunakan untuk apa. Tapi tetap dalam pengawasan. Anda juga harus ikut memberikan penjelasan terkait mana hal yang perlu didahulukan dan yang tidak terlalu penting untuk didahulukan kepada anak. 

Memilih Tabungan Anak dengan Setoran Awal Rendah
Sebelum memilih untuk membuka tabungan anak, perhatikan berapa besar setoran yang ditawarkan oleh bank tersebut. Biasanya, tabungan jenis ini memiliki setoran awal yang kecil daripada tabungan biasa. Anda bisa menggunakan hasil tabungan anak untuk setoran awal tersebut. Dengan begitu, anak akan merasa jauh lebih bersemangat dalam menabung. 

Memperhatikan Persyaratan Pengajuan Tabungan Anak
Biasanya, kebanyakan bank memiliki persyaratan dalam pengajuannya. Salah satunya yaitu kartu identitas yang diperlukan untuk pembukaan rekening. Umumnya tabungan anak memang dikhususkan untuk anak-anak usia dibawah 17 tahun. Dalam hal ini, identitas orang tua dibutuhkan untuk pengajuan tersebut. Namun, rekening tetap menggunakan nama anak. 

Mencari Tahu Jumlah Saldo Minimum
Seperti yang telah dijelaskan di awal, besar nominal setoran tiap bank punya ketetapan yang berbeda-beda. Anda juga wajib memperhatikan jumlah setoran awal dan setoran selanjutnya. Semakin kecil jumlah minimum, maka hal ini akan memudahkan anak untuk terus menabung di bank. Anda tidak perlu langsung sekaligus menyetor, sebagai orang tua uang tabungan anak dapat disisihkan lebih dulu. Setelah terkumpul, lalu bisa menyetorkan langsung ke bank. 

Pertimbangkan Layanan dan Promo yang Ditawarkan Pihak Bank 
Penting juga untuk memperhatikan layanan dan promo yang ditawarkan oleh pihak bank. Misalnya saja seperti penawaran akan mendapatkan tiket gratis ke wahana bermain anak, promo belanja, dan lainnya. Anda sebagai orang tua wajib mempertimbangkan hal ini juga agar anak jadi makin termotivasi dalam menyimpan uang di bank. 

Memilih Bank dan Jenis Tabungan Anak yang Sesuai 
Setelah melakukan survey dalam mencari bank, selanjutnya Anda tinggal tentukan mana bank yang paling sesuai. Jenis yang ditawarkan biasanya beragam dan tidak hanya tabungan pendidikan anak saja, tapi juga investasi anak atau tabungan anak biasa. Ini bisa Anda tanyakan langsung ke bank untuk membuka rekening atau mencari tau layanannya secara online di website resmi bank yang dituju. Cermati dengan benar, sebab ada beberapa kasus tabungan khusus anak yang bermasalah. Oleh karena itu, harus tetap berhati-hati sebelum membuka rekening. 

Akan jauh lebih aman jika Anda memilih Danamon LEBIH Junior untuk tabungan pendidikan anak. Bank Danamon memiliki produk Danamon LEBIH Junior iB yang merupakan jenis produk tabungan anak khusus usia 0 – 11 tahun. Danamon LEBIH Junior/Danamon LEBIH Junior iB hadir dengan berbagai fasilitas dan manfaat yang mampu memenuhi kebutuhan Anak pada usia pendidikan, antara lain: bebas biaya administrasi bulanan, setoran awal ringan, gratis biaya transfer dan tarik tunai, menghadirkan fasilitas debit card khusus junior. Ciptakan masa depan anak yang cemerlang dengan membuka rekening tabungan anak Bank Danamon!



MOST POPULAR