5 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula, Raih Keuntungan Maksimal

Memiliki pondasi keuangan yang baik merupakan impian banyak orang. Sebab, masalah keuangan bisa mengganggu kehidupan di masa mendatang. Namun dalam praktiknya, tidak semua orang mampu merancang kondisi finansial yang baik. Padahal, dana yang sudah terkumpul wajib diinvestasikan, contohnya dalam bentuk reksadana. Bagi pemula, hal ini mungkin terdengar sulit, tapi Anda tak perlu merasa khawatir. Ada beberapa produk atau cara investasi reksadana, di antaranya reksa dana saham, reksa dana campuran, reksa dana pendapatan tetap, atau reksa dana pasar uang. Berikut beberapa hal yang perlu diketahui sebelum berinvestasi menggunakan reksadana. 

Menetapkan Target Investasi Reksadana
Sebagai pemula, Anda tidak perlu bingung jika belum pernah berinvestasi di instrumen seperti reksa dana. Langkah awal dalam berinvestasi adalah dengan mengetahui lebih dulu target investasi reksa dana yang akan dipilih. Anda wajib memiliki target pribadi yang akan memotivasi untuk terus menanam modal. Memiliki target investasi dapat membantu Anda untuk menentukan jenis reksa dana apa yang nantinya digunakan. 

Pilih Reksadana Sesuai Kebutuhan
Seperti yang telah dijelaskan di awal, selanjutnya Anda perlu menentukan jenis reksa dana mana yang ingin diambil. Sebab, setiap jenis reksa dana memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada reksadana yang resikonya kecil, namun ada juga yang besar. 

Ada produk reksadana yang menawarkan jangka waktu investasi hanya satu tahun, ada pula yang jangka waktunya mencapai tiga tahun. Begitu juga dengan keuntungan yang akan didapat. Maka itu, penting untuk mengamati serta memilih mana jenis reksa dana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Memahami Cara Investasi Reksadana
Jika dilihat sekilas khususnya bagi pemula, cara investasi menggunakan reksa dana terkesan sulit. Padahal bila dipelajari, reksa dana dapat dipahami secara mudah. Perlu untuk mengetahui lebih dulu agar Anda mendapatkan informasi lebih detail dan tidak merasa bingung di kemudian hari. 

Investasi Secara Konsisten
Sebaiknya, lakukan investasi lebih dari satu kali dan memang diperuntukkan bagi rencana keuangan jangka panjang. Pada dasarnya, reksa dana hampir sama seperti menabung dan diperlukan konsistensi agar hasil yang didapat juga lebih baik dan memberi keuntungan. Pahami reksa dana dengan baik agar tidak mendapatkan kerugian yang besar. 

Memilih Manajer Investasi Terpercaya
Meski banyak manajer investasi yang menawarkan reksa dana di luar sana, Anda jangan mudah percaya dengan untung besar yang ditawarkan. Tetap pilih manajer investasi terpercaya. Caranya yaitu dengan melihat apakah manajer investasi yang Anda pilih sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Standarisasi yang ditetapkan oleh OJK dapat menjamin keamanan serta kualitas dari manajer investasi tersebut. Selain itu, Anda bisa dengan mencari tau dari beberapa investor lain yang sudah memakai jasa manajer investasi tersebut, apakah terpercaya atau tidak. 

Pilihan alternatifnya yang sudah pasti aman dan berkualitas yaitu menggunakan Danamon Reguler Investment Plan (DRIP). Reksa dana dari Danamon menyediakan berbagai kelebihan dan kemudahan bagi Anda yang melakukan investasi dengan reksadana, terutama untuk pemula. Dengan memilih DRIP, Anda bisa mendapat keuntungan maksimal dari hasil yang diinvestasikan. Keunggulan lain yang dapat dirasakan dari DRIP yaitu memberikan fasilitas auto debit untuk pembelian reksa dana secara berkala mulai dari Rp 500.000!

Bagaimana, cara investasi reksadana untuk pemula tidak begitu rumit kan? Anda hanya perlu mengenali, memahami, menentukan jenis produk reksa dana, dan pilih manajer investasi terpercaya. 



MOST POPULAR