Butuh Modal untuk Bisnis? Ini 5 Jenis Pinjaman Usaha Tanpa Jaminan

Bagi pelaku usaha khususnya untuk Anda pebisnis pemula, memutuskan untuk mengambil pinjaman usaha tanpa jaminan adalah hal yang wajar. Modal usaha ini umumnya digunakan untuk mendirikan suatu usaha, dana cadangan saat usaha mengalami kemunduran, atau saat Anda ingin melakukan ekspansi usaha. Dari sekian banyak jenis pinjaman modal usaha tanpa jaminan, ada beberapa jenis yang bisa Anda coba. Berikut listnya!

KTA (Kredit Tanpa Agunan)

Sesuai dengan namanya, jenis pinjaman ini membolehkan Anda untuk meminjam dalam jumlah tertentu tanpa harus menyerahkan aset sebagai jaminan. KTA dianggap sangat menguntungkan karena Anda tidak perlu melakukan pengorbanan apapun, dan pinjaman dapat dicairkan untuk memenuhi operasional bisnis Anda. 

KTA sudah dijamin oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dengan jumlah plafon mencapai ratusan juta, tergantung penyedia jasa pinjaman. Pinjaman KTA bisa langsung cair selama 3 hari jika pengajuan dokumen Anda lengkap. Suku bunga KTA sendiri bervariasi, mulai 0,65% sampai 2,5% per bulan.

KUR (Kredit Usaha Rakyat)

Kredit Usaha Rakyat direncanakan pemerintah untuk membantu usaha mikro. Pinjaman ini banyak digunakan oleh pemilik usaha kecil yang butuh modal usaha tanpa jaminan. Pinjaman yang ditawarkan KUR bisa mencapai nominal IDR 500 juta dengan bunga yang renda, yaitu 7% per tahun atau 0,58% perbulan. Jangka waktu pinjaman yang diberikan kisaran 6 tahun atau 72 bulan. Persyaratan untuk mendapatkan jauh lebih banyak dibanding KTA, Anda butuh kartu identitas, akte pendirian usaha, laporan keuangan, dan proposal usaha. 

KMK (Kredit Modal Kerja)

Kredit Modal Kerja diberikan dengan tujuan untuk tujuan pengembangan usaha menjadi lebih besar. Untuk mendapatkan pinjaman jenis ini, Anda harus memiliki izin usaha setidaknya 1 tahun. Kredit ini adalah kredit jangka pendek yang diberikan dengan jangka waktu 1 tahun saja. Dalam setahun, nilai pencapaian kredit maksimal 70% dari total kebutuhan akan modal kerja dengan jaminan usaha itu sendiri. Anda bisa menarik pinjaman berulang kapan saja selama tidak melebihi batas jumlah dana yang ditentukan. 

Kredit Investasi 

Kredit Investasi adalah jenis pinjaman modal usaha tanpa jaminan yang difokuskan untuk kepentingan bisnis atau usaha. Pinjaman ini digunakan untuk perluasan atau ekspansi bisnis seperti buka pabrik baru, kantor cabang, membangun proyek baru, pengadaan mesin, dan bahan baku. Pelunasan kredit investasi ini nantinya menggunakan uang hasil usaha yang baru saja dibiayai dengan modal tersebut. Rata-rata bunga kredit ini per tahunnya tidak sampai di angka 10%. 

P2P Lending
P2P Lending adalah salah satu cara pinjaman modal usaha tanpa jaminan yang saat ini sedang banyak dilirik, utamanya oleh para pemilik UMKM. Selain menawarkan akses yang mudah, jumlah pinjaman pada P2P Lending sangat variatif, sehingga Anda sebagai pelaku bisnis dapat dengan mudah menyesuaikan dengan kebutuhan. 

Cara kerja P2P Lending cukup mudah. Anda sebagai pelaku usaha perlu mengajukan pinjaman dalam jumlah tertentu pada salah satu platform penyedia P2P, kemudian pinjaman Anda akan dikenakan batas waktu. Jika modal usaha telah terpenuhi maka dananya bisa langsung diberikan untuk Anda dalam kurun waktu beberapa hari kerja. Untuk masa pengembalian pinjaman tergantung jatuh tempo yang telah disepakati. 

Itulah kelima jenis pinjaman modal usaha tanpa jaminan yang kerap digunakan oleh para pebisnis pemula. Bagi Anda yang butuh modal usaha tanpa jaminan bisa memilih ragam kredit di atas yang disesuaikan dengan jenis usaha yang dijalankan.



MOST POPULAR