4 Trik Ini Bisa Bikin Belanja Bulanan Jadi Lebih Hemat

Ngaku deh! Dari sekian banyak jenis pengeluaran bulanan, salah satu yang jadi penyebab keuangan tidak terkendali adalah lemahnya pengelolaan anggaran belanja bulanan. Belanja bulanan menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi setiap bulan, mulai dari bahan makanan, bahan dapur, hingga bahan untuk kebersihan rumah. Jika Anda tidak pandai mengatur anggaran belanja bulanan, berapapun besar gaji yang diterima pasti akan habis. Supaya anggaran belanja bulanan tidak boros, terapkan tips hemat belanja bulanan berikut ini!

1. Alokasikan budget khusus untuk anggaran bulanan

Punya gaji dengan penghasilan besar tentu saja jadi impian banyak orang. Banyak orang beranggapan punya gaji besar artinya hidup makin sejahtera. Padahal anggapan tersebut tak selamanya benar. Tanpa adanya anggaran pengeluaran yang tepat, sangat mustahil untuk menghemat belanja bulanan.

Pertama-tama saat Anda menerima gaji bulanan, maka alokasikan 50% nya khusus untuk memenuhi kebutuhan bulanan. Misalnya gaji yang didapatkan setiap bulan Rp 5 juta, maka sisihkan diawal senilai Rp 2,5 juta khusus untuk memenuhi anggaran bulanan. Dan ini harus Anda lakukan secara konsisten, cukup atau tidak hanya uang ini yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan harian.

2. Buat list belanja bulanan sesuai kebutuhan terpenting

Cara hemat belanja bulanan yang kedua adalah dengan memastikan bahwa 50% gaji yang Anda sisihkan benar-benar dimanfaatkan sebaik mungkin untuk belanja kebutuhan. Buatlah list atau daftar kebutuhan belanja bulanan berdasarkan prioritas teratas.

Prioritaskan kebutuhan pokok seperti makanan pokok, sayur, lauk, dan lain sebaiknya. Intinya, letakkan kebutuhan utama di urutan paling atas. Selanjutnya telaaah lagi kebutuhan-kebutuhan sekunder. Letakkan daftar ini di bawah kebutuhan pokok, begitu seterusnya. Ingat, buat daftar berdasarkan kebutuhan yang benar-benar dibutuhkan bukan diinginkan!

3. Membuat rekening terpisah

Cara hemat belanja bulanan ketiga adalah dengan membuat rekening secara terpisah. Pisahkan Antara rekening pengeluaran dan rekening tabungan. Nantinya saat Anda memutuskan untuk belanja, maka bisa menggunakan rekening pengeluaran yang berisi 50% gaji bulanan tersebut. Sementara untuk rekening tabungan bisa Anda gunakan untuk menyimpan dana darurat, investasi, atau untuk memenuhi tujuan finansial yang lebih besar.  

4. Belanja bulanan hemat menuju akhir bulan

Akan ada satu hari dimana Anda akan belanja untuk memenuhi semua kebutuhan di rumah. Biasanya kegiatan belanja bulanan ini dilakukan di supermarket. Bagi Anda yang suka belanja kebutuhan di supermarket. Ada tips jitu yang bisa diterapkan yaitu dengan belanja menuju akhir bulan di rentang tanggal 25 hingga 30. Ini karena pada rentang tanggal tersebut, rata-rata supermarket di Indonesia menyediakan berbagai promo menarik. Adanya promo ini bisa meminimalisir pengeluaran dari 50% gaji yang sudah disisihkan tadi. 

Ingin lebih hemat lagi? Anda bisa membayar tagihan belanja bulanan ini menggunakan e-money. Sudah bukan rahasia jika produk e-money seperti OVO kerap kali memberikan cashback atau promo diskon saat Anda melakukan pembayaran di merchant tertentu.

Apalagi kini top up OVO jauh lebih mudah dengan kehadiran Danamon Optimal. Sebuah layanan terbaru dari Bank Danamon untuk membantu segala kebutuhan keuangan Anda. Optimal hadir dengan berbagai pilihan produk, dan akses transaksi online yang mudah. 

Anda bisa transfer online antar bank tanpa minimum saldo tabungan dari rekening D-Save, Top Up E-money GoPay, OVO, dan Paytren. Buka deposito juga lebih mudah melalui online! Ingin tarik tunai tapi lupa bawa kartu? Tenang, dengan Optimal, Anda bisa tarik tunai dimanapun, dan kapanpun hanya lewat fitur D-Cash. Pembayaran tagihan bulanan nggak pakai lama! Apply Optimal sekarang juga!


ALSO READ
MOST POPULAR