Ingin Sukses Berbisnis? Ini Nasihat Jack Ma!

Jack Ma merupakan nama penting dalam pertumbuhan pasar digital. Pebisnis sukses asal Cina tersebut merupakan pemilik sekaligus pendiri Alibaba.com, e-commerce terbesar di dunia. Kesuksesan bisnis Jack Ma tidak perlu diragukan. Kesuksesannya tersebut salah satunya dibuktikan melalui statusnya sebagai salah satu orang terkaya di Cina dan dunia. Mungkin Anda penasaran, apa yang dilakukan oleh Jack Ma sehingga sukses berbisnis?

Tentu saja, bukan perkara mudah bagi pria berusia 54 tahun ini untuk meraih kesuksesan yang ia rasakan sekarang. Dibutuhkan semangat pantang menyerah dan perjuangan besar. Jawaban atas pertanyaan cara agar sukses yang dilakukan Jack Ma mungkin saja bisa membantu Anda. Khususnya bagi Anda yang ingin memulai bisnis sejak muda. Nah, ada baiknya Anda mengetahui sejumlah nasihat bisnis dari Jack Ma. Apa saja? Berikut informasi lengkapnya!

Berpikir unik, inovatif, dan kreatif

Nasihat Jack Ma yang pertama bagi Anda untuk sukses berbisnis adalah cobalah berpikir unik, inovatif, dan kreatif. Menurut Jack Ma, orang-orang yang berhasil meraih kesuksesan dalam pencapaian finansial merupakan orang-orang yang mempunyai pemikiran kritis, kreatif, dan mampu menciptakan berbagai hal unik. Sosok Jack Ma sendiri mempunyai karakter tersebut.

Lebih lanjut, Jack Ma menyatakan bahwa pemikiran yang kreatif dan inovatif dapat mendorong sebuah perusahaan untuk terus mengalami perkembangan. Oleh karena itu, Anda bisa memulai bisnis dengan mengasah kreativitas yang Anda punya. Setiap ide unik yang Anda miliki, bila disertai dengan kreativitas dan inovasi yang tepat, tentu akan membuahkan hasil. Meski tidak mudah, yakinlah bahwa kesempatan untuk berhasil selalu terbuka lebar asal Anda berjuang.

 

Jeli melihat peluang

Untuk sukses berbisnis, kejelian dalam melihat peluang juga penting dilakukan. Hal tersebut juga menjadi salah satu nasihat Jack Ma bagi orang-orang yang tertarik terjun ke dunia bisnis. Ia menyebutkan, di balik masalah besar, biasanya terdapat pula kemungkinan peluang besar. Peluang di balik masalah tersebutlah yang harus dimaksimalkan. Nasihatnya satu ini juga sudah dibuktikan oleh Jack Ma sendiri. Saat ia memutuskan untuk mendirikan sebuah bisnis e-commerce, banyak masalah yang harus ia hadapi dan identifikasi.

Saat itu, Jack Ma menilai bahwa masalah utama yang kerap dihadapi oleh pengusaha kecil di Cina adalah minimnya infrastruktur. Kurangnya pihak-pihak mentor yang menjadi jembatan bagi para pengusaha kecil juga menjadi bagian dari masalah besar yang dihadapi. Akhirnya, Jack Ma memanfaatkan masalah tersebut sebagai peluang potensial. Meski tidak sedikit orang yang ragu akan keputusannya ketika mendirikan Alibaba.com, Jack Ma mengandalkan keyakinannya bahwa setiap orang harus memanfaatkan atau menciptakan peluang yang ada.

Menciptakan visi besar dan kemampuan membangun jaringan

Visi besar dalam sebuah bisnis adalah salah satu hal penting untuk dimiliki. Melalui visi yang besar, setiap cobaan dan masalah yang datang bisa dihadapi dengan semangat dan perjuangan. Dalam memulai dan merintis bisnisnya, Jack Ma juga mempunyai visi besarnya sendiri. Ia mempunyai keyakinan bahwa internet akan mampu menjembatani dunia bisnis, terutama bagi warga Cina.

Keyakinannya tersebut mendorongnya untuk menciptakan visi besar di mana internet benar-benar akan memberi pengaruh besar bagi dunia bisnis. Dalam rangka mewujudkan visi yang dimilikinya tersebut, Jack Ma konsisten dalam membangun koneksi yang kuat. Awalnya ia menarik dana investasi dari teman-temannya, hingga akhirnya kini Alibaba.com menjadi perusahaan e-commerce terbesar di dunia. Jadi, mulailah dengan menentukan visi besar Anda dan segera membangun jaringan yang diperlukan untuk mewujudkan visi besar yang Anda miliki tersebut.

Jangan menunggu masalah untuk membuat perubahan

Sering kali, bisnis hanya melakukan perubahan saat muncul masalah yang mengancam. Padahal, perubahan bagi bisnis harus dilakukan secara berkala. Melakukan perubahan hanya karena dorongan masalah yang ada tidak akan menciptakan hasil yang maksimal. Bisa jadi, perubahan yang dilakukan sudah terlambat sehingga tidak menghasilkan dampak yang diharapkan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk tidak menunggu masalah demi membuat perubahan.

Jack Ma menyarankan, lakukanlah perubahan selagi Anda sedang berada dalam kondisi terbaik. Berubahlah sebelum hal-hal buruk muncul dan mengancam kelangsungan bisnis Anda. Ingatlah, membetulkan atap ketika hujan telanjur datang bisa merepotkan dan sebuah keterlambatan. Sebaiknya, pinjamlah payung selagi matahari masih bersinar sehingga Anda tak perlu kesulitan ketika musim hujan datang.

 

Biasakan diri dengan penolakan

Hampir semua orang pernah merasakan penolakan. Setiap kali itu terjadi, rasanya tentu tidak menyenangkan. Meskipun demikian, saat orang-orang menolak Anda, belajarlah untuk untuk menerimanya dengan lapang dada. Dengan membiasakan diri Anda terhadap penolakan, Anda akan menjadi orang yang lebih kuat dan terus berpikir tentang jalan keluar atas penolakan yang Anda terima. Kembalilah pada visi besar yang Anda miliki setiap kali Anda menerima penolakan untuk mengumpulkan kekuatan dan mencoba lagi.

Belajar dari kesalahan orang lain

Percayakah Anda bila kesalahan merupakan kunci kesuksesan? Hampir tidak ada orang sukses di dunia yang tidak pernah melakukan kesalahan. Kesalahan dalam kehidupan juga bukanlah hal yang buruk. Dari kesalahan, Anda bisa belajar menjadi lebih baik. Untuk mencapai kesuksesan bisnis, belajar dari kesalahan orang lain juga bisa Anda lakukan. Hal itu juga diyakini oleh Jack Ma.

Pria yang belum mencapai kesuksesan karir hingga berusia 30 tahunan ini yakin bahwa dalam hidup, yang terpenting bukanlah seberapa banyak yang diraih, namun seberapa kuat seseorang menghadapi dan melewati hari-hari yang berat dengan berbagai kesalahan. Menurutnya, jika Anda hendak meraih kesuksesan, Anda perlu belajar dari kesalahan orang lain. Jangan belajar dari kisah suksesnya. Dengan belajar dari kesalahan, Anda akan mengetahui hal-hal yang tidak boleh Anda lakukan sehingga berhasil memetik kesuksesan.

Sukses bukan tujuan utama

Setiap orang ingin sukses. Ketika Anda memulai bisnis, yang ada di benak Anda tentu saja keinginan untuk sukses. Namun, jangan jadikan sukses sebagai tujuan utama. Kenapa? Karena yang penting adalah perjalanannya. Dengan tidak menetapkan sukses sebagai tujuan utama, Anda tidak akan mudah jatuh dan patah semangat ketika mengalami kegagalan. Jack Ma sendiri tidak pernah menganggap kegagalan sebagai masalah besar. Menurutnya, meskipun ia gagal, ia telah mewariskan konsep yang ia miliki kepada orang lain.

Bahkan ketika ia tidak sukses, orang lain akan sukses. Mindset itulah yang selalu ia jaga dalam menjalani bisnisnya. Terbukti, mindset tersebut membawanya menuju kesuksesan yang meskipun tidak menjadi tujuan utamanya, namun ia dapatkan pada akhirnya. Menurutnya, alasan ia menjadi CEO yang lebih baik dibanding kebanyakan CEO yang ada adalah karena ia tidak bekerja untuk uang. Memperoleh laba tidak pernah menjadi tujuan utamanya, sehingga membuatnya lebih fokus pada kesejahteraan orang-orang yang bekerja untuknya.

Berbagai nasihat dari Jack Ma di atas dapat Anda pahami dan terapkan agar sukses dalam berbisnis. Untuk Anda yang sedang merintis bisnis, yuk kembangkan usaha Anda bersama Bank Danamon. Dengan Danamon Solusi UKM yang menjadi solusi tumbuh kembang bisnis Anda, karena kami percaya setiap usaha pasti memiliki potensi untuk menjadi lebih maju.


MOST POPULAR