Yuk, Cari Tahu 5 Keuntungan Menabung di Bank Syariah!

Kehadiran bank syariah di Indonesia tentunya mendapat sambutan yang cukup baik, terlebih mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim. Meski popularitasnya belum sebanding dengan bank-bank konvensional lainnya, namun ada banyak keuntungan bank syariah yang bisa membuat Anda menabung dengan tenang. Salah satunya adalah karena tidak ada risiko riba. Dijalankan sesuai dengan prinsip syariah, inilah lima keuntungan menabung di bank syariah yang wajib Anda ketahui.

Terjamin oleh LPS (Lembaga Penjaminan Simpanan)

Bagi nasabah yang menabung di bank syariah, seluruh dana yang tersimpan sudah bisa dipastikan terjamin oleh LPS (Lembaga Penjaminan Simpanan). Baik berupa tabungan, giro, ataupun deposito, seluruh kegiatan perbankan dijamin keamanannya oleh LPS. Dengan begitu, Anda tak lagi perlu merasa khawatir kehilangan sejumlah dana apabila terjadi bangkrut atau risiko kerugian lainnya. Hebatnya lagi, LPS ini juga berkontribusi aktif di dalam menjaga stabilitas sistem perbankan syariah di Indonesia sehingga mampu bersaing dengan bank-bank konvensional lainnya.

Dilengkapi fasilitas internet banking

Untuk memudahkan transaksi keuangan para nasabahnya, bank syariah juga melengkapi fasilitas internet banking. Hal ini berarti sebagai nasabah, Anda tetap bisa melakukan pengiriman uang, pembayaran tagihan, pembelian, ataupun transaksi lainnya kapan saja dan di mana saja hanya dengan berbekal gadget dan koneksi internet. Meski terlihat sepele, ternyata fasilitas ini sangat menguntungkan nasabah, terutama di era digital seperti saat ini yang segala sesuatunya serba cepat.

Sistem bagi hasil, bukan bunga

Jika bank konvensional menerapkan sistem bunga, maka di bank syariah Anda akan mengenal sistem bagi hasil sesuai dengan syariat Islam. Hal ini berarti keuntungan dihitung berdasarkan pendapatan yang diperoleh bank. Artinya, semakin tinggi pendapatan suatu bank syariah, maka semakin besar pula bagi hasil yang akan didapatkan oleh nasabah. Hal ini sangat berbeda dari sistem bunga bank yang ditentukan oleh dana bank.

 

Bebas biaya administrasi

Anda tak perlu khawatir terbebani biaya administrasi bulanan seperti ketika menabung di bank konvensional. Pasalnya, tidak ada biaya administrasi yang akan dibebankan kepada nasabah bank syariah, sekali pun nasabah tersebut memiliki saldo dalam jumlah minimum. Hal ini tentu akan semakin memudahkan Anda yang setiap bulannya hanya mampu menyetor uang dalam jumlah kecil. Dengan begitu, jumlah tabungan tidak akan berkurang karena di tabungan syariah tidak terdapat biaya administrasi yang perlu dibayar oleh nasabah.

Adanya produk-produk yang tidak tersedia di bank konvensional

Satu lagi keuntungan menabung di bank syariah yang perlu Anda pertimbangkan, yaitu adanya produk-produk menarik yang tidak tersedia di bank konvensional. Misalnya, tabungan haji dan umrah, wakaf, tabungan kurban, hingga deposito syariah. Bahkan tabungan personal syariah dari Bank Danamon juga menyediakan layanan asuransi jiwa dan pembiayaan kepemilikan rumah berbasis syariah dengan akad sewa beli atau Ijarah Muntahiya Bit Tamlik (IMBT).

Itulah tadi lima keuntungan menabung di bank syariah. Akad yang digunakan pada tabungan syariah juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Baik akad mudharabah maupun akad wadiah, keduanya dijalankan berdasarkan prinsip agama Islam sehingga tidak menyalahi ketentuan agama. Jadi, kapan Anda membuka rekening Tabungan Syariah di Bank Danamon yang selalu bisa memberikan lebih untuk seluruh nasabah setianya?


MOST POPULAR