Agar karir Anda makin sukses, miliki 5 etos kerja ini!

Banyak definisi yang dijabarkan untuk menjelaskan apa itu etos kerja. Dari banyaknya definisi tersebut, setidaknya dapat diambil kesimpulan bahwa etos kerja adalah sikap dan perilaku dari seseorang yang menunjukkan niatnya untuk bekerja. Biasanya, perusahaan memiliki kriteria sendiri terhadap etos kerja karyawan yang akan mereka rekrut. Namun, setidaknya lima etos kerja di bawah ini wajib Anda miliki agar mudah mendapatkan pekerjaan sekaligus membuat karir semakin sukses. 

Bersikap profesional

Etos kerja pertama dan paling utama yang harus Anda miliki adalah bersikap profesional. Mengapa demikian? Ubahlah sudut pandang seolah-olah Anda adalah pimpinan perusahaan yang mencari karyawan untuk kelancaran usaha. Apa kriteria pertama yang akan dicari? Tentunya seorang yang memiliki pengalaman dan telah profesional di bidangnya. Seseorang yang profesional tentu dianggap lebih bermanfaat dan menguntungkan perusahaan dalam mencapai tujuan. Bersikap dan menjadi profesional akan membuat Anda mudah direkrut oleh perusahaan. Pimpinan pun akan mudah mempercayakan banyak proyek untuk Anda tangani. 

Bersikap profesional bukan hanya berarti Anda memiliki kemampuan dalam bidang tertentu meski hal tersebut adalah salah satu poin penting. Etos kerja ini juga harus sesuai dengan sikap menghargai waktu, mengikuti aturan perusahaan, menghargai rekan kerja, dan memiliki integritas. 

Bisa diandalkan

Etos kerja yang satu ini tentu akan membuat Anda mudah dipercaya untuk menangani banyak proyek oleh atasan. Dengan sifat yang bisa diandalkan, tentunya menjadikan Anda salah satu orang yang potensial sehingga patut dipertahankan oleh perusahaan. Terkadang, meskipun belum menjadi seorang profesional dengan segudang pengalaman, jika etos kerja ini Anda miliki, bukan tidak mungkin perusahaan akan menahan Anda untuk tetap tinggal dengan memberikan berbagai penawaran yang menarik. 

Mudah saja untuk menjadi seorang yang bisa diandalkan. Anda hanya perlu menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu, bahkan di bawah minimnya instruksi yang diberikan. Memiliki inisiatif dan mampu menjadi pemecah masalah juga bisa membuat Anda menjadi sosok andalan rekan kerja. 

 

Punya dedikasi

Jika ingin karir semakin cemerlang, dedikasi adalah hal wajib yang harus Anda miliki. Kecintaan terhadap pekerjaan yang Anda lakukan akan mempermudah dalam menyelesaikan semua tanggung jawab yang diberikan. Dedikasi juga membuat Anda tidak tanggung-tanggung dalam menyelesaikan pekerjaan. Kesalahan yang terjadi selama bekerja tidak membuat Anda down, namun malah menjadikannya sebagai sarana belajar dan memperbaiki diri.

Punya akuntabilitas

Akuntabilitas adalah etos kerja yang hampir mirip dengan tanggung jawab. Perbedaannya adalah, akuntabilitas akan membuat Anda tidak hanya bertanggung jawab, tapi juga siap dimintai pertanggungjawaban atas semua hal yang terjadi selama bekerja. Jika Anda masih menyalahkan orang lain atas hal buruk yang terjadi dalam proyek, itu berarti Anda belum memiliki akuntabilitas. 

Rendah hati

Kemampuan dan kelihaian Anda dalam bekerja akan terlihat percuma saja jika tidak dibarengi dengan sikap rendah hati. Jika ingin karir sukses, maka sikap ini harus Anda miliki sekarang juga. Bukan hanya untuk menunjukkan seberapa besar integritas, tetapi juga akan membuat Anda lebih mudah mempelajari hal-hal baru meski sudah lama bekerja di suatu perusahaan. Sikap rendah hati akan membuat Anda selalu ingin mempelajari banyak ilmu baru yang nantinya akan bermanfaat untuk perkembangan karir. 

Ingatlah bahwa kesuksesan tidak hanya diraih dengan seberapa tinggi kemampuan Anda dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan, namun juga bagaimana sikap Anda. Itulah mengapa memiliki etos kerja yang baik seperti yang dijabarkan di atas bisa membantu Anda dalam mencapai kesuksesan karir. Jika saat ini Anda belum memiliki etos kerja tersebut, tidak ada kata terlambat untuk memulainya dari sekarang.


MOST POPULAR