Pengusaha UKM Wajib Tahu, Inilah 5 Keuntungan Tabungan Bisnis

Bagi Anda yang memiliki usaha atau bisnis tentu bertransaksi dalam jumlah besar hampir setiap hari bukan? Oleh karena itulah penting bagi Anda untuk membuka tabungan bisnis. Mengingat tabungan ini memiliki keunggulan dan keuntungan tersendiri untuk bisnis Anda. Keuntungan tersebut antara lain lebih mudah untuk mengontrol keuangan, lebih mudah dalam melacak transaksi hingga kesempatan mendapatkan reward lebih besar. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak ulasannya di bawah ini.

Kontrol keuangan lebih efektif dan efisien

Dalam menjalankan sebuah bisnis, penting bagi Anda untuk memisahkan antara rekening pribadi dengan rekening bisnis. Misalnya di bank A, Anda gunakan untuk menyimpan uang pribadi sedangkan tabungan bisnis merupakan rekening yang khusus untuk transaksi segala urusan bisnis. Dengan begitu uang Anda tidak akan bercampur aduk antara untuk urusan pribadi dan urusan bisnis, sehingga memudahkan dalam mengontrol keuangan.

Membuat rekening yang berbeda antara tabungan pribadi dan tabungan bisnis tidak harus di bank yang berbeda. Sebaiknya Anda buat di bank yang sama untuk lebih mudah dalam mengecek setiap transaksi dan arus keluar masuk uang di kedua tabungan tersebut.

 

Transparansi seluruh transaksi

Transparansi memang menjadi faktor utama di dalam sebuah bisnis. Dengan adanya transparansi, Anda bisa melihat arus keluar masuknya uang bisnis dan mengetahui detailnya untuk kegiatan apa saja. Di sinilah tabungan bisnis seolah menjadi solusi, karena setiap transaksi tercatat dengan baik oleh pihak bank dan lebih transparan.

Bila Anda memiliki bisnis jual beli online (e-commerce), transparansi menjadi modal utama untuk menjaga kepercayaan konsumen. Transaksi Anda dengan konsumen juga tercatat dalam tabungan bisnis, jadi sewaktu-waktu bila konsumen Anda meminta bukti transaksi secara transparan Anda bisa memintanya di bank yang membuat rekening tersebut untuk diberitahukan kembali kepada konsumen tersebut. 

Keamanan terjamin

Keamanan dalam menyimpan uang menjadi salah satu latar belakang penting mengapa Anda perlu untuk membuka tabungan bisnis. Apapun bentuk usahanya, apakah usaha tersebut sebagai perusahaan besar atau UKM perlu untuk memiliki tabungan bisnis UKM. Uang Anda akan tersimpan secara aman dengan sistem yang baik sehingga Anda pun merasa tenang dan nyaman karena uang Anda dijamin keamanannya.

Namun perlu diingat, tabungan bisnis memiliki batas maksimum. Untuk itulah Anda bisa berkonsultasi dengan pihak bank berapa batasan besaran tabungan bisnis tersebut. Semisalnya saja adalah tabungan bisnis di bank dibatasi hingga Rp2 miliar saja. Maka, jika Anda memiliki keuangan lebih dari jumlah tersebut bisa membuka tabungan bisnis di bank berbeda.

Suku bunga cenderung lebih tinggi

Keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan ketika membuka tabungan bisnis adalah mendapatkan suku bunga yang cukup tinggi. Faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya bunga pada tabungan bisnis adalah tingkat inflasi dan perkembangan perekonomian. Apabila inflasi meningkat, maka suku bunga akan meningkat pula. Begitu juga dengan perkembangan perekonomian, bila perekonomian negara positif maka suku bunga akan naik dan begitu pula sebaliknya.

Di Indonesia sendiri pertumbuhan ekonomi juga dipengaruhi oleh keberadaan UKM. Apabila keberadaan UKM semakin berkembang, maka dampak secara jangka panjang akan membawa dampak positif bagi perekonomian negara pula. Dengan begitu bila ekonomi berkembang maka besar kemungkinan tabungan bisnis Anda akan mendapatkan bunga yang cenderung tinggi pula.

 

Kesempatan mendapatkan poin/reward

Pihak bank selalu memberikan berbagai hadiah melalui poin ataupun reward kepada para nasabahnya yang dinilai ‘sehat’. Sehat di sini memiliki artian bahwa nasabah tersebut tidak memiliki masalah dengan pihak bank, selalu membayar tagihan tepat waktu dan memiliki jumlah saldo tabungan bisnis dalam jumlah yang cukup besar.

Besaran dan bentuk hadiah yang diberikan oleh pihak bank bermacam-macam. Mulai dari uang untuk pengembangan bisnis Anda hingga sarana operasional yang dibutuhkan untuk menunjang kelancaran bisnis. Reward tersebut akan dibagi dalam periode tertentu, semisalnya satu tahun sekali. Semakin banyak poin yang Anda dapatkan dari tansaksi tabungan bisnis, maka semakin besar pula kesempatan untuk memenangkan hadiah tersebut.

Sangat bermanfaat bukan bila Anda membuka tabungan bisnis untuk usaha? Salah satu tabungan bisnis yang memberikan kemudahan dan peluang mendapatkan poin yakni Tabungan Bisnis dari Bank Danamon. Semoga bermanfaat dan mulailah membuka tabungan bisnis Anda sekarang juga.


MOST POPULAR