5 Hal Ini Bisa Membantu Anda Agar Lebih Cepat Kaya

Ada pepatah yang mengatakan bahwa tidak selamanya kebahagiaan bisa dibeli dengan uang. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa hidup akan berjalan lebih lancar apabila Anda memiliki uang yang cukup. Sebagai contoh sederhananya saja, Anda tidak perlu bingung memikirkan pemenuhan kebutuhan sehari-hari untuk diri sendiri dan keluarga. Dengan begitu, Anda pun bisa lebih fokus dan tenang mengerjakan hal-hal lain yang tidak kalah penting. Bisnis atau pekerjaan kantor, misalnya.

Nah, mengingat kebutuhan hidup yang semakin lama semakin meningkat seiring berjalannya waktu, penting bagi Anda untuk mendapatkan pemasukan yang lebih. Untungnya, hal ini tidak mustahil dicapai. Anda bisa coba menerapkan beberapa cara ingin cepat kaya berikut ini

Buat kantong-kantong khusus sesuai kebutuhan

Cara ini memang cukup sederhana, tapi efeknya tidak bisa Anda remehkan. Salah satu kunci penting dari suksesnya pengelolaan finansial adalah alokasi dana yang tepat. Dalam hidup, Anda pasti punya berbagai macam kebutuhan, kan? Untuk memudahkan Anda melakukan alokasi dana berbagai kebutuhan tersebut, Anda bisa membuat kantong-kantong khusus untuk menyimpan bermacam dana tersebut. Tuliskan nama jenis kebutuhan pada setiap kantong, misalnya untuk belanja bulanan, cicilan KPR, atau dana nongkrong.

Setelah menerima gaji bulanan, segera masukkan uang pada kantong-kantong tersebut sesuai kebutuhan masing-masing. Uang itulah yang harus Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan berdasarkan jenis kantong. Contohnya, Anda memasukkan uang Rp500.000 pada kantong “dana nongkrong”. Apabila misalnya Anda mendapat ajakan nongkrong padahal uang dalam kantong sudah habis, Anda bisa menolak ajakan tersebut. Berkomitmenlah untuk menghabiskan uang hanya sesuai jumlah yang sudah dialokasikan pada kantong.

 

Investasi sejak sedini mungkin

Sejak kecil, kita sudah diajarkan untuk belajar menabung. Namun, bukannya hal tersebut tidak penting, tetapi ada langkah lain yang bisa lebih menguntungkan Anda, yaitu investasi. Jika dibandingkan dengan menabung biasa di bank, umumnya investasi mampu memberikan keuntungan yang lebih besar. Apalagi harga instrumen investasi tiap tahunnya kerap mengalami peningkatan. Contoh investasi yang bisa kamu lakukan adalah investasi emas, investasi reksadana, investasi saham dan investasi properti yang tiap tahunnya bisa mengalami kenaikan harga hingga 15-35%.

Langkah lain yang juga tidak kalah menguntungkan adalah bergabung dengan program D-Save Danamon. Dengan suku bunga yang cukup tinggi hingga 4% p.a, Anda bisa lebih cepat mewujudkan mimpi-mimpi Anda. Terlebih, D-Save Danamon juga menyediakan dua produk tabungan, yaitu rekening utama dan rekening tambahan. Rekening tambahan bisa mempercepat tujuan finansial Anda karena tidak bisa digunakan untuk bertransaksi. Sangat menguntungkan, bukan?

Hilangkan biaya tidak penting

Saat ini, apakah Anda memiliki catatan pengeluaran harian atau mungkin rekapan bulanan? Hal ini penting dilakukan sehingga Anda tahu hal apa yang paling banyak menguras pengeluaran Anda. Pasalnya, terkadang kita tidak sadar bahwa pengeluaran terbanyak kita bisa jadi berasal dari hal yang tidak terlalu penting. Dengan tuntutan gaya hidup yang begitu tinggi seperti sekarang, bukan tidak mungkin pengeluaran terbesar Anda justru dihabiskan untuk nongkrong, minum kopi, atau jalan-jalan. Bukannya Anda tidak boleh melakukan hal tersebut, tapi batasilah intensitasnya agar Anda bisa menyisihkan lebih banyak yang untuk menabung dan berinvestasi.

Bedakan kebutuhan dan keinginan

Cara cepat kaya satu ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya. Karena tuntutan sosial, mungkin Anda merasa bahwa mengiyakan setiap ajakan nongkrong merupakan suatu kebutuhan. Padahal, tanpa melakukan hal tersebut, Anda tetap bisa hidup seperti biasa. Di sinilah Anda perlu membedakan antara prioritas dan keinginan. Ingat selalu tujuan finansial Anda, misalnya saat ini Anda sedang menabung untuk liburan keluarga ke luar negeri tahun depan. Hal ini memang bukan merupakan kebutuhan, tapi termasuk prioritas karena sejak awal Anda sudah berkomitmen untuk mencapainya.

Jadi, jangan terbujuk oleh setiap keinginan yang Anda miliki. Ingin membeli barang-barang tertentu memang wajar, tapi Anda tidak harus menuruti semua keinginan tersebut. Pilih saja beberapa yang menjadi prioritas dan paling membawa value terhadap kehidupan Anda.

Buat anggaran tiap bulan

Menyusun anggaran tiap bulan dapat menjadi cara cepat kaya raya yang juga penting dilakukan. Anggaran bulanan tidak hanya memungkinkan Anda untuk mengetahui ke mana uang Anda dihabiskan, tetapi juga sumber pemasukan. Dengan begini, Anda bisa tahu arus kas keuangan Anda sendiri. Dari susunan anggaran tersebut, Anda dapat menganalisis pengeluaran mana yang bisa ditekan hingga jumlah pemasukan yang harus didapatkan untuk mencapai target finansial tertentu. Tidak perlu pusing memikirkan anggaran, saat ini sudah ada berbagai aplikasi finansial yang bisa memudahkan Anda untuk menyusun anggaran bulanan.

Walaupun mungkin terdengar menantang, menjadi kaya bukanlah hal mustahil untuk diwujudkan. Berbagai cara cepat kaya di atas bisa Anda terapkan demi mencapai kebebasan finansial. Dengan begitu, Anda pun bisa menjalani hidup dengan lebih tenang.


ALSO READ
MOST POPULAR