Tahun Baru 2020, Inilah 5 Cara Tepat Capai Resolusi Keuangan Anda

Resolusi tahun baru selalu dibuat saat menghadapi pergantian tahun. Bahkan tidak lengkap rasanya menyambut tahun baru tanpa adanya resolusi. Setiap orang tentu memiliki resolusi tahun baru 2020 yang berbeda, mulai dari karier, keluarga, hingga percintaan. Namun, bagaimana dengan finansial? Apakah Anda memiliki resolusi finansial yang ingin dicapai di 2020 ini? Jika iya, ikuti lima tips di bawah ini untuk mewujudkan resolusi finansial Anda!

Evaluasi kondisi keuangan

Sebelum mulai menentukan resolusi tahun baru 2020 di bidang finansial, akan lebih baik jika Anda melakukan evaluasi terlebih dahulu kondisi keuangan di tahun sebelumnya. Dengan mengetahui kondisi keuangan di tahun sebelumnya, Anda akan tahu hal apa yang kurang dan perlu dibenahi serta hal baik apa yang harus dipertahankan. Untuk melakukan evaluasi, Anda bisa berpatokan pada pendapatan tahun lalu, pengeluaran, aset, utang dan kredit, serta asuransi. Dengan menganalisis hal-hal ini, Anda bisa menentukan bagaimana kondisi keuangan di tahun sebelumnya untuk kemudian diperbaiki dan ditingkatkan di tahun 2020. 

 

Tentukan tujuan dengan metode SMART

Resolusi tahun baru bisa terealisasikan jika sudah menentukan tujuan yang diinginkan. Untuk memudahkan dalam menentukan tujuan, Anda bisa menggunakan metode SMART. SMART merupakan singkatan dari specific, measurable, achievable, relevant, time bound. Dengan menerapkan strategi SMART, Anda bisa menentukan tujuan dengan lebih spesifik. 

Sebagai contoh, Anda ingin lebih banyak berhemat sebagai resolusi tahun baru 2020. Jangan hanya katakan bahwa Anda ingin berhemat. Tapi tentukan secara spesifk, misalnya saja “saya ingin menyisihkan Rp1.000.000 dari gaji saya tiap bulan”. Tujuan ini sudah mengikuti metode SMART. Ada hal spesifik yang diinginkan, bisa dihitung dengan angka, memungkinkan untuk meraihnya, berhubungan dengan kondisi Anda saat ini, dan juga ada batas waktu untuk mencapainya, yaitu setiap bulan. Membuat tujuan yang spesifik seperti ini lebih mudah untuk mencapainya daripada hanya mengatakan ingin berhemat. 

Manfaatkan aplikasi keuangan

Menghitung pergerakan uang tentu menjadi hal yang memusingkan bagi Anda. Terlebih untuk Anda yang sibuk sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan pengawasan terhadap pergerakan uang. Untuk itu, supaya resolusi tahun baru Anda bisa tercapai, manfaatkan aplikasi keuangan yang akan mengatur dan membantu memonitor setiap pengeluaran harian, pendapatan, catatan keuangan harian serta aset yang dimiliki. Pada aplikasi keuangan, Anda bisa memasukkan poin tentang pengeluaran dan pendapatan. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi mencatat secara manual pergerakan uang sehari-hari. Untuk mengevaluasi apakah resolusi tahun baru 2020 sudah berjalan sesuai rencana, Anda juga bisa melihatnya melalui aplikasi pengatur keuangan ini. 

 

Perbanyak auto debet bulanan

Memiliki banyak simpanan uang di rekening terkadang membuat Anda tergoda untuk melakukan pengeluaran selain untuk keperluan yang dianggarkan. Meski sudah memiliki rencana untuk berhemat dan menabung, jika masih ada uang di rekening tentu Anda akan menggunakannya untuk kesenangan pribadi seperti belanja atau berlibur. Untuk menyiasati hal ini demi terwujudnya resolusi tahun baru 2020, lakukanlah auto debet setiap bulannya demi menghindari penggunaan dana yang berlebih. 

Anda bisa menghubungi pihak bank untuk melakukan auto debet ini. Pembayaran yang bisa dilakukan otomatisasi meliputi tagihan kartu kredit, premi asuransi, rekening listrik, investasi reksa dana, dan forex trading. Dengan melakukan otomatisasi pembayaran, Anda hanya akan menyisakan dana di rekening untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan begitu, keinginan untuk berhemat sebagai resolusi tahun baru bukan hanya menjadi rencana belaka.  

Beri reward untuk setiap tujuan yang tercapai

Untuk lebih memotivasi Anda melaksanakan resolusi tahun baru, berikan reward pada diri sendiri ketika satu goal tercapai. Tak perlu hal-hal yang mewah atau mahal, sesimpel lunch di restoran favorit atau membeli pakaian yang sudah lama diinginkan tentu akan membuat semangat Anda bangkit untuk menjalankan rencana resolusi tahun baru 2020. 

Untuk lebih memudahkan Anda dalam menabung, manfaatkan fitur D-Save Plus pada aplikasi D-Bank. Anda akan memiliki hingga 20 kantong tabungan yang bisa dibedakan tujuan menabungnya. Nominal, target jumlah tabungan, dan waktu auto debetnya juga dapat Anda tentukan sendiri. Komitmen Anda untuk mulai menabung di 2020 ini akan bisa terlaksana dengan mudah. Yuk, buka D-Bank sekarang.


MOST POPULAR