Berikut Cara Membaca Label Informasi Nilai Gizi pada Kemasan Makanan

Setiap kemasan makanan umumnya dilengkapi dengan nutrition facts atau informasi nilai gizi. Seperti namanya, informasi nilai gizi berisi informasi tentang kandungan nutrisi yang terdapat pada makanan yang Anda pilih. Sebelum memutuskan membeli suatu produk makanan dengan gizi seimbang, ada baiknya informasi nilai gizi ini Anda perhatikan.

Mengetahui label gizi tidak hanya membantu Anda mengetahui nutrisi yang terkandung dalam produk, namun juga berguna bagi Anda yang mungkin dalam kondisi medis tertentu atau sedang membatasi jumlah asupan kalori. Lantas, bagaimana cara membaca label gizi makanan sehat dan informasi apa saja yang penting diperhatikan? Simak informasi lengkapnya di bawah ini sekarang!

Jumlah sajian per kemasan

Umumnya, satu kemasan makanan mempunyai lebih dari satu sajian. Jumlah takaran saji yang terkandung dalam satu kemasan makanan dapat terlihat dari jumlah sajian per kemasan. Misalnya, jika sebuah makanan mempunyai keterangan label gizi “6 sajian per kemasan”, maka setiap satu kemasan dapat dibagi menjadi 6 sajian. Atau dengan kata lain, satu kemasan makanan tersebut dapat dikonsumsi sebanyak 6 kali dengan masing-masing frekuensi menghabiskan satu sajian.

Hal yang penting untuk Anda ketahui adalah, dalam tabel informasi nilai gizi yang tertera pada kemasan makanan menunjukkan kandungan nutrisi untuk satu sajian, bukan satu kemasan. Jadi, apabila Anda mengonsumsi dua bungkus makanan yang mempunyai takaran satu sajian per bungkus, Anda akan mendapatkan dua kali lipat jumlah nutrisi dari yang dicantumkan pada label informasi gizi. Dengan demikian, ada baiknya Anda membandingkan jumlah isi kandungan nutrisi pada makanan kemasan dengan jumlah yang Anda konsumsi agar tak berlebihan.

Kalori total per sajian

Informasi kalori total yang tertera pada label gizi makanan menunjukkan seberapa banyak energi yang akan Anda dapatkan jika mengonsumsi satu sajian makanan kemasan. Semakin banyak sajian yang Anda konsumsi, maka semakin besar pula jumlah kalori yang akan Anda peroleh. Umumnya, penulisan informasi kalori disertai dengan kalori dari lemak yang dihitung tersendiri (sebab tidak termasuk sebagai kalori total).

Contohnya, satu bungkus makanan junk food mempunyai informasi kalori total sajian sebesar 250 dan kalori dari lemak sebesar 110. Dengan begitu, apabila Anda mengonsumsi dua bungkus , maka Anda akan memperoleh 500 kalori, ditambah dengan 220 kalori yang berasal dari lemak. Sebagai informasi, biasanya kalori harian merujuk angka kebutuhan kalori per hari, yaitu 2000 kalori. 

 

Kandungan nutrisi yang harus dibatasi

Ada beberapa kandungan yang harus dibatas konsumsinya pada makanan kemasan, yaitu gula tambahan, garam, lemak jenuh, dan lemak trans. Biasanya, kandungan nutrisi tubuh anda tersebut mudah terpenuhi dari beragam jenis makanan. Jika dikonsumsi secara berlebihan, kandungan nutrisi-nutrisi tersebut mampu meningkatkan risiko sejumlah penyakit kronis, mulai dari penyakit jantung, hipertensi, hingga kanker yang membahayakan.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mencari makanan kemasan yang memiliki kandungan nutrisi tidak baik tersebut kurang dari 5 persen AKG. Perlu Anda ketahui, beberapa nutrisi seperti lemak jenuh atau lemak trans tidak mempunyai persen AKG. Jadi, Anda perlu membatasi jumlah asupan hingga kurang dari 20 gram per hari untuk mencegah berbagai kondisi yang menganggu kesehatan.

Kandungan nutrisi yang harus dipenuhi

Sejumlah nutrisi seperti protein, vitamin, mineral, hingga serat tentu Anda perlukan untuk menjaga keseimbangan nutrisi tiap hari. Nutrisi makanan yang mencukupi juga mampu mencegah sejumlah penyakit dan berbagai gangguan kesehatan yang mengkhawatirkan. Misalnya pencegahan pengeroposan tulang yang dapat didapatkan melalui pemenuhan kecukupan AKG daari kalsium, hingga penguatan imunitas tubuh yang diperoleh melalui konsumsi makanan yang mengandung vitamin C.

Dengan memperhatikan label gizi makanan, Anda dapat melakukan pertimbangan sebelum membeli suatu produk tertentu. Jadi, mulai sekarang, usahakan untuk membaca label informasi nilai gizi pada kemasan sebelum membeli makanan yaa.


ALSO READ
MOST POPULAR