Agar Arus Kas Bulanan Freelancer Lancar, Lakukan 5 Tips Ini

Banyak orang memutuskan untuk menjadi freelancer karena fleksibilitas waktu yang diberikan. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, salah satunya adalah arus kas bulanan. Menjadi seorang freelancer mengharuskan Anda mampu mengurus kas bulanan sendiri. Apalagi penghasilan freelancer tidak rutin layaknya pekerja kantoran yang memiliki tanggal gajian. Lalu, apa yang harus Anda lakukan agar arus kas bulanan selalu lancar? Berikut tips keuangan freelancer yang perlu Anda pertimbangkan!

Tentukan “tanggal gajian” untuk diri sendiri

Menjadi seorang freelancer, Anda pasti menyadari bahwa Anda tidak memiliki tanggal gajian pasti seperti karyawan yang bekerja di perusahaan. Oleh karena itu, Anda bisa menentukan “tanggal gajian” untuk diri sendiri agar dapat memperlancarkan arus kas bulanan. Dengan menentukan “tanggal gajian”, Anda dapat mengatur keuangan per bulan lebih lancar. Tentukanlah pos-pos pengeluaran dan budget yang dibutuhkan. Usahakan untuk selalu disiplin dengan bujet yang sudah Anda tentukan agar tidak menyebabkan pengeluaran yang berlebihan.

Pisahkan rekening pribadi dan pekerjaan

Dengan memisahkan rekening pribadi dan pekerjaan, Anda dapat mengatasi pengeluaran yang berlebihan. Pemisahan kedua jenis rekening ini juga akan memudahkan Anda untuk mengecek kondisi finansial tiap bulan. Pastikan Anda menggunakan rekening pekerjaan untuk penghasilan dari seluruh pekerjaan freelancer Anda. Sementara rekening pribadi digunakan untuk menyimpan penghasilan pribadi lainnya.

Apabila memungkinkan, Anda dapat pula membuat rekening berbeda untuk pajak serta tabungan masa depan. Yang terpenting adalah Anda harus menjaga setiap rekening agar tak tercampur untuk mengatur keuangan dengan baik dan lancar.

 

Buat juga rekening untuk menabung

Selain memisahkan rekening pribadi dan pekerjaan, sebaiknya Anda juga membuat rekening khusus untuk menabung. Setiap kali mendapat order job, usahakan untuk menabung sebagian penghasilan Anda sebagai cadangan biaya saat orderan sedang sepi. Akan lebih baik apabila Anda juga membedakan rekening tabungan dengan rekening untuk konsumsi sehari-hari. Mengatur keuangan Anda sebagai freelancer memang harus benar-benar teliti dan disiplin terhadap diri sendiri. Dengan membuat rekening untuk menabung, setidaknya penghasilan Anda selama menjadi freelancer bisa digunakan untuk hal-hal yang memang dibutuhkan.

Buat pos dana darurat

Memiliki pos dana darurat sangatlah penting bagi seorang freelancer. Hal ini berkaitan dengan fakta bahwa Anda tidak dapat memastikan kapan Anda akan memperoleh orderan dan menerima pembayaran. Dengan menyisihkan pendapatan pada rekening tabungan yang berbeda, Anda akan lebih mudah untuk mengatur keuangan. Tidak perlu dalam jumlah besar, Anda cukup menyisihkan 10% dari pendapatan tiap bulan untuk disimpan atau ditabung dalam pos dana darurat. Besaran pos dana darurat setiap orang tentu berbeda-beda. Umumnya, Anda membutuhkan dana yang minimal dapat mencukupi kebutuhan 3-6 bulan ketika tak bekerja. 

 

Tentukan skala prioritas

Dengan penghasilan yang tidak menentu, Anda tentu harus pintar dalam menentukan skala prioritas. Menjalani pekerjaan sebagai seorang freelancer memang memiliki beberapa keuntungan seperti penghasilan yang tak terbatas, namun Anda juga harus mempertimbangkan saat-saat Anda tak mendapat orderan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk selalu mendahulukan kebutuhan pokok. Kebutuhan pokok seperti air dan listrik merupakan anggaran wajib yang tiap bulan harus Anda bayar. Jadi, kebutuhan pokok harus diprioritaskan. Menunda pembayaran kebutuhan pokok hanya akan menyusahkan Anda ketika uang tersebut digunakan untuk hal-hal lain yang sebenarnya tak jauh lebih penting. 

Lakukan beberapa tips di atas agar arus kas bulanan Anda sebagai freelancer berlangsung lancar. Agar penghasilan Anda sebagai freelancer dapat disimpan untuk memenuhi berbagai kebutuhan, Anda bisa membuka Tabungan D-Save Bank Danamon. Tidak perlu ke kantor cabang, Anda bisa membuka rekening tersebut melalui layanan mobile banking D-Bank.

Tidak hanya memudahkan untuk mengatur urusan keuangan, D-Bank juga menawarkan banyak kelebihan seperti bebas tarik tunai tanpa kartu hingga gratis transfer online antar bank! Tunggu apa lagi? Yuk, segera buka Tabungan D-Save Anda sekarang juga dan rasakan kelebihannya!


ALSO READ
MOST POPULAR