7 Sifat yang Harus Dihindari untuk Meraih Kebebasan Finansial

Mungkin masih banyak dari Anda yang berpikiran bahwa kebebasan finansial adalah kondisi di mana tidak ada utang yang harus dibayarkan. Padahal, yang dimaksud dengan kebebasan finansial adalah saat Anda tidak harus menggunakan pendapatan aktif untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kebebasan finansial tidaklah sulit untuk diraih. Namun, untuk memulainya, terlebih dahulu Anda harus menyingkirkan sifat-sifat berikut yang akan menghalangi pencapaian kebebasan finansial Anda.

Menunda Menabung dan Investasi

 

Sifat Anda yang terus menunda melakukan investasi dan membuka rekening tabungan bisa jadi merupakan faktor penghambat terbesar dalam mencapai kebebasan finansial. Anda merasa bahwa tidak benar-benar harus menabung atau melakukan investasi karena tidak membutuhkannya untuk saat ini. Padahal, dua hal ini termasuk dalam rencana jangka panjang untuk meraih kebebasan finansial. 

Faktanya, menabung dan berinvestasi adalah dua cara yang bisa membantu meraih kebebasan finansial yang diidamkan. Tabungan bisa menjadi simpanan dana darurat saat dibutuhkan. Sedangkan investasi akan menambah pundi-pundi penghasilan karena uang akan terus diputar untuk meningkatkan jumlahnya. Dengan begitu, cepat atau lambat, kebebasan finansial bisa Anda raih dengan dua hal ini.

Tidak Disiplin

 

Meski Anda memiliki pendapatan yang besar setiap bulannya, jika tidak dbarengi dengan disiplin dalam menghitung pengeluaran, sama saja merencanakan untuk gagal mencapai kebebasan. Melakukan pengeluaran yang tidak terkontrol membuat Anda sulit untuk menghitung berapa dana yang digunakan untuk kehidupan dan tabungan. 

Bila Anda sudah mulai menabung atau berinvestasi, maka lakukanlah secara berkala dan konsisten. Tidak disiplin dalam menyiapkan anggaran keuangan bisa menjadi ancaman yang menggagalkan kebebasan finansial Anda. Buatlah jadwal agar tidak lupa menyisihkan dana untuk tabungan dan investasi. Anda juga bisa menggunakan aplikasi smartphone yang bisa membantu mengatur perencanaan keuangan sekaligus pengingat untuk melakukan investasi.

Tidak Berkomitmen

 

Jika Anda termasuk orang yang sulit untuk menjaga komitmen, mulailah untuk menghilangkan kebiasaan buruk ini. Tidak memiliki komitmen yang kuat bisa memicu Anda melakukan hal-hal yang menghalangi tercapainya kebebasan finansial. Jika Anda sudah mantap melakukan investasi atau menabung sebagai salah satu cara meraih kebebasan, maka lakukan hal tersebut dengan sekuat hati. 

Jika Anda sudah memiliki keteguhan hati, maka Anda akan terhindar untuk bermalas-malasan atau nongkrong yang tidak perlu karena malah akan menghamburkan uang. Begitu juga dengan membeli barang yang tidak penting. Anda pasti akan berpikir dua kali untuk melakukannya karena sudah berkomitmen untuk melakukan saving demi masa depan.

Boros

 

Salah satu faktor penghambat Anda meraih kebebasan finansial adalah boros. Pendapatan yang Anda miliki setiap bulan dianggap sebagai sebuah hadiah atas kerja keras yang telah dilakukan. Hingga seringnya, tanpa sadar digunakan untuk membeli barang-barang yang jika dipikir lebih lanjut, tidak terlalu dibutuhkan. Biasanya, hal ini juga dipengaruhi oleh gaya hidup mewah dengan mengikuti tren yang ada hingga membuat Anda akan melakukan apa saja demi menuruti keinginan untuk hidup dengan mewah. 

Boros juga menunjukkan bahwa Anda tidak memiliki perencanaan yang matang dalam mengatur keuangan dan hanya melihat apa yang ada saat ini, sehingga tidak memiliki pandangan untuk ke depannya. Jika Anda memang benar-benar ingin meraih kebebasan finansial, kurangilah sifat boros. Fokuskan pada bagaimana bisa menyimpan dan menghasilkan uang tanpa harus menggunakan pendapatan aktif Anda.  

Terus Berutang

 

Menuruti gaya hidup tak hanya membuat Anda menjadi seorang yang boros, tapi juga bisa menjurus ke arah suka berutang. Dengan kemudahan yang ditawarkan oleh berbagai macam pihak penyedia layanan pinjaman, membuat Anda berpikir bahwa berutang bisa menjadi jawaban untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup. Padahal, salah satu langkah awal yang harus Anda capai untuk memiliki kebebasan finansial adalah bebas dari utang. 

Melakukan pinjaman atau berutang memang bukanlah sebuah hal yang haram untuk dilakukan, tapi bukan berarti bisa seenaknya sendiri melakukan pinjaman. Banyak yang harus dipertimbangkan termasuk kemampuan untuk membayarkannya kembali. Bila Anda memiliki tujuan hidup untuk bebas secara finansial, maka berutang harus dicoret dari daftar hal yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. 

Sindrom FoMO

 

Sindrom fear of missing out atau FoMO menjadi penyakit yang banyak diderita oleh banyak orang di zaman sekarang. Perkembangan pesat dari media sosial menjadi pemicu utama timbulnya sindrom ini. Dengan adanya media sosial, orang akan berlomba untuk mendapatkan banyak likes dari orang lain dan menjadikan hal tersebut sebagai sebuah pencapaian tersendiri. Untuk mendapatkan likes tersebut, biasanya orang akan mengunggah hal-hal yang memang sedang menjadi tren.

Selain itu, muncul kekhawatiran akan ketinggalan hal-hal terkini di media sosial jika lama tidak pernah update. Karena merasa harus mengikuti apapun yang sedang menjadi trending di media sosial, tak jarang Anda rela melakukan apa saja agar menjadi bagian dari fenomena yang kekinian. Sebagai contoh, di media sosial sedang tren orang berlibur ke luar negeri dan berlomba-lomba mengunggah foto yang bagus. Sindrom FoMO akan memacu Anda melakukan hal yang sama tanpa melihat bagaimana kondisi keuangan. Inilah yang kemudian menjadi penyebab kebebasan sulit diraih. 

Negative Thinking

 

Mengubah pola pikir juga bisa membantu Anda dalam meraih kebebasan finansial. Salah satu hal yang harus Anda tanamkan dalam pikiran adalah tidak ada yang mudah untuk melakukan sebuah pencapaian. Begitu juga dengan kebebasan finansial. Untuk meraihnya, butuh usaha dan kedisiplinan. Bisa jadi Anda merasa semua usaha yang dilakukan untuk mencapai kebebasan finansial hanya sia-sia saja dan tidak cepat menghasilkan. 

Bisa juga Anda berpikiran bahwa tidak akan sanggup meraih kebebasan. Negative thinking adalah hal yang harus dihindarkan saat ingin mencapai sesuatu. Kebebasan yang Anda impikan tidak akan diraih jika Anda memiliki pikiran buruk hingga menyerah di tengah jalan. Bila memang ada hal buruk terjadi di tengah usaha Anda, jadikan hal tersebut sebuah pembelajaran untuk memperbaiki kesalahan yang mungkin dilakukan. Ingatlah bahwa negative thinking tidak akan membawa Anda kemanapun kecuali pada jurang kegagalan. 

Salah satu kunci untuk meraih kebebasan finansial adalah dengan memiliki pendapatan pasif yang bisa menutupi jumlah pengeluaran Anda di setiap bulannya. Entah dengan membuka rekening tabungan, investasi, atau hal lainnya. Raih kebebasan finansial Anda sekarang juga dengan menggunakan tabungan Danamon FlexiMAX untuk memaksimalkan uang menjadi sebuah peluang. Yuk, buka tabungan Danamon FlexiMAX Anda sekarang juga. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa membuka situs resmi Bank Danamon.

 


ALSO READ
MOST POPULAR