4 Cara Nikmati Masa Tua Tanpa Pusingkan Uang

Memasuki masa tua, Anda mungkin tak lagi produktif seperti saat masih muda dulu. Tentu saja hal ini akan berpengaruh pada kondisi keuangan Anda, terlebih jika Anda telah memasuki masa pensiun. Kesalahan dalam manajemen keuangan justru akan membuat ketenangan hidup di hari tua terancam. Untuk itu, Anda perlu mempersiapkan jaminan hari tua sejak dini. Berikut dijelaskan beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar masa tua dapat dilalui dengan tenang bebas masalah keuangan. Yuk, simak!

Investasi Sejak Dini

 

Investasi jangka panjang yang dilakukan sejak dini dapat menjadi alternatif terbaik dalam mempersiapkan jaminan hari tua. Ada banyak jenis instrumen investasi yang dapat disesuaikan dengan kondisi finansial dan kebutuhan Anda. Pastikan terlebih dulu bahwa Anda sudah memahami risiko yang dimiliki oleh masing-masing instrumen investasi untuk mendapatkan keuntungan dalam jumlah yang maksimal. Dengan berinvestasi sejak dini, masa tua Anda bisa berjalan dengan lebih sejahtera tanpa perlu dipusingkan masalah keuangan.

Beberapa instrumen investasi yang bisa dipilih dengan risiko yang cukup minim antara lain deposito, emas, maupun reksa dana pasar uang. Ketiga jenis instrumen tersebut bahkan bisa dimulai dengan modal kecil sehingga tidak akan memberatkan kondisi finansial Anda. Bahkan di Bank Danamon Anda bisa memanfaatkan produk Danamon Reguler Investment Plan (DRIP) untuk pembelian instrumen reksa dana secara berkala dan rutin setiap bulannya melalui fasilitas autodebit.

Siapkan Dana Darurat

 

Selain mengalokasikan sebagian pendapatan untuk berinvestasi, Anda juga bisa menyiapkan dana darurat mulai sekarang. Sisihkan 3 – 5 persen dari pendapatan setiap bulannya untuk dialokasikan sebagai dana darurat. Hal ini penting dilakukan mengingat tidak ada jaminan bahwa Anda akan tetap sehat dan bugar di masa tua nanti. Dengan adanya dana darurat ini, Anda tak perlu khawatir risiko berutang apabila terjadi masalah kesehatan, sebab dana untuk pengobatan, perawatan atau tindakan medis sudah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari.

Bayar Kartu Kredit Tepat Waktu

 

Nah, agar persiapan jaminan hari tua berjalan lancar, pastikan Anda telah membayar tagihan kartu kredit tepat waktu. Keterlambatan pembayaran kartu kredit justru akan menimbulkan biaya tambahan yang akan semakin membebani pengeluaran bulanan Anda. Selain itu, hindari menggunakan lebih dari dua kartu kredit sehingga tagihan yang perlu dibayarkan juga tidak terlalu banyak. Pastikan Anda menggunakan kartu kredit hanya dalam kondisi darurat sehingga pemanfaatannya lebih efektif.
Di sisi lain, manfaatkan juga kartu kredit untuk membiayai pembelanjaan di merchant atau toko tertentu yang sedang mengadakan program diskon. Cara ini tentu akan menguntungkan Anda sebagai pemegang kartu kredit sebab bisa lebih menghemat pengeluaran. Namun, ingat, jangan menggunakan kartu kredit melebihi batas limit yang telah ditentukan agar Anda terhindar dari tagihan yang membengkak.

Punya Asuransi

 

Langkah terakhir yang juga penting dilakukan agar masa tua Anda berjalan sesuai harapan adalah dengan memiliki asuransi. Baik asuransi jiwa maupun asuransi kesehatan, keduanya penting untuk memberi jaminan hari tua Anda. Sejumlah premi yang Anda bayarkan juga bisa berfungsi sebagai tabungan dan investasi yang memiliki masa pertanggungan tertentu. Di sisi lain, asuransi juga akan meminimalisir kerugian bagi Anda sebagai pemegang polis apabila terjadi musibah.

Menariknya, dengan memiliki asuransi, Anda juga bisa mengatur keuangan dengan lebih baik. Pasalnya, Anda memiliki kewajiban untuk membayar premi secara rutin setiap bulannya agar bisa menikmati manfaat asuransi, yaitu ganti rugi akibat musibah yang dialami oleh nasabah.

Itulah tadi empat cara mudah yang bisa membantu Anda menikmati masa tua tanpa perlu pusing memikirkan masalah keuangan. Dengan mempersiapkan jaminan hari tua sedini mungkin, maka Anda bisa memasuki masa pensiun dengan lebih tenang dan sejahtera. Semoga bermanfaat!


MOST POPULAR