Tetap Bugar dan Produktif Selama Bulan Puasa dengan 5 Tips Ini

Berpuasa adalah salah satu kewajiban dalam kehidupan umat beragama, khususnya Islam, walau beberapa agama lain juga menganjurkan puasa. Namun, dalam Islam, Anda diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan penuh saat Ramadan. Ada banyak sisi positif yang bisa diambil dari melaksanakan puasa, seperti menurunkan berat badan, meningkatkan metabolisme tubuh hingga mengatur hawa nafsu akan lapar. Semuanya memiliki efek positif yang akan berguna jika dilakukan dengan konsisten.

Namun, tidak semua bisa melaksanakan puasa dengan lancar. Terkadang ada yang malah menjadi bad mood, tidak produktif, dan badan menjadi lemas. Lalu, bagaimana caranya untuk menjaga kebugaran tubuh dan produktivitas dalam kegiatan sehari-hari ketika berpuasa Ramadan? Berikut tips puasa yang bisa Anda terapkan.

Sahur dengan Menu yang Tepat

 

Mengawali hari dalam berpuasa, pasti selalu diawali dengan sahur. Kegunaan utama sahur adalah memberikan asupan makanan serta minuman yang cukup bagi tubuh dalam menjalani aktivitas sehari-hari yang padat. Apalagi jika Anda harus bekerja dari pagi hingga malam. Maka, jangan sampai melewatkan sahur.

Untuk menjaga kebugaran tubuh dan produktivitas selama berpuasa, Anda harus memilih menu sahur yang tepat serta menyehatkan seperti nasi putih yang mengandung karbohidrat, daging ayam atau telur yang mengandung protein, sayur-sayuran, dan vitamin dari buah-buahan. Dengan memenuhi asupan yang tepat untuk tubuh, aktivitas berpuasa Anda akan lebih nyaman. 

Olahraga Sesaat Sebelum Buka Puasa

 

Terkadang ketika berpuasa, rasanya malas sekali untuk melakukan kegiatan olahraga karena tahu ketika berolahraga, tidak ada kesempatan untuk minum sehingga haus semakin cepat melanda. Namun, sebaiknya Anda jangan melewatkan kesempatan untuk berolahraga karena bisa lebih cepat dalam menurunkan berat badan hingga menaikkan daya tahan tubuh.

Ada beberapa jenis olahraga yang bisa Anda lakukan seperti berjalan atau bersepeda. Jangan lupa lakukan aktivitas yang melatih otot seperti push-up dan sit up. Namun, tidak semua jenis olahraga bisa Anda lakukan. Sebaiknya jauhi olahraga yang menguras stamina dengan cepat seperti berlari dan angkat beban.

Buka Puasa dengan Kurma dan Air Putih

 

Ketika jam berbuka puasa tiba, biasanya Anda akan segera mencari makanan dengan porsi besar dan mengenyangkan, namun itu sangat tidak direkomendasikan karena lambung yang sedari pagi sudah kosong akan kaget dan membuat kondisi perut tidak nyaman.

Sebaiknya Anda berbuka puasa dengan kurma dan air putih. Kurma akan memperlancarkan pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi. Sedangkan dengan minum air putih, Anda akan mendapatkan cairan yang sedari pagi sudah hilang dan belum diisi kembali. 

Hindari Zat Diuretik

 

Zat diuretik adalah jenis zat yang bisa membuat Anda mudah buang air kecil dan biasanya ada di dalam obat untuk hipertensi. Mengonsumsi zat diuretik akan merangsang ginjal untuk membuang kelebihan garam dan air dari dalam tubuh sehingga produksi urin menjadi lebih banyak daripada biasanya. 

Namun, Anda perlu menjauhi zat ini ketika berpuasa karena cairan tubuh akan semakin cepat terkuras sehingga bisa membuat tubuh lebih cepat merasa letih, lemah, dan lesu. Jika memang Anda sedang mengonsumsi obat-obatan yang mengandung zat diuretik, lebih baik konsultasikan kepada dokter agar bisa mencari alternatif obat tanpa zat ini.

Atur Kembali Waktu Tidur

 

Berpuasa terkadang membuat waktu tidur Anda berubah karena setelah sahur, Anda biasanya tidak tidur lagi dan membuat mata lebih cepat mengantuk. Untuk menjaga kebugaran dan produktivitas, coba kembali atur waktu tidur Anda. Bisa diusahakan dengan tidur lebih cepat dari biasanya sehingga waktu tidur yang terpotong sahur tidak mempengaruhi tubuh Anda. Dengan adanya waktu istirahat di bulan Ramadan, Anda dapat menggunakan waktu luang tersebut sambil melakukan transaksi finansial melalui aplikasi D-Bank, mobile banking Danamon.

Saat puasa Ramadan, Anda memang akan cenderung merasa lemas karena berkurangnya asupan makanan dan minuman. Namun, dengan berbagai tips puasa di atas, Anda tetap bugar saat puasa dan produktif beraktivitas seperti biasa. Selamat menjalankan ibadah puasa!