Ingin Berangkat Umrah Ketahui Kapan Waktu Terbaik Umrah

Berbeda dengan waktu ibadah haji yang ditentukan, ibadah umrah kapan saja bisa Anda tunaikan. Karena fleksibilitas waktu pelaksanaannya, tidak mengherankan bila banyak orang tertarik untuk berangkat umrah terlebih dulu sebelum berangkat haji. Namun, meskipun berangkat umrah bisa Anda lakukan kapan saja, ada beberapa waktu terbaik untuk melaksanakannya. Lantas, kapan waktu terbaik umrah yang perlu Anda ketahui? Simak informasi berikut ini!

Umrah di Bulan Ramadan

 

Waktu terbaik umrah yang pertama adalah di bulan Ramadan. Menikmati ibadah puasa di tanah kelahiran Rasullulah SAW akan memberikan Anda pengalaman tak terlupakan. Suasana Ramadan akan lebih menyenangkan bila Anda berada di Tanah Suci untuk sekaligus menunaikan ibadah umrah. Tak hanya suasana umrah yang berbeda yang akan Anda dapatkan, namun juga beberapa keistimewaan.

Salah satu keistimewaan menjalankan ibadah umrah di bulan Ramadan adalah pahalanya yang sama dengan pahala ibadah haji. Bila tertarik berangkat umrah di Bulan Ramadan, ada baiknya Anda memesan travel dari jauh-jauh hari. Bulan Ramadan memang merupakan waktu terbaik umrah yang menjadi favorit banyak orang. Dengan memesan travel dari jauh-jauh hari, biaya akomodasi dan transportasi yang bisa meningkat berkali-kali lipat bisa diantisipasi.

Bulan Maret Hingga Mei

 

Pemilihan bulan yang tepat akan membantu Anda menjalankan ibadah umrah dengan lancar dan menyenangkan. Anda bisa berangkat umrah pada bulan Maret hingga Mei yang merupakan salah satu waktu terbaik umrah. Pada rentang bulan tersebut, kondisi cuaca di Arab Saudi tidak terlalu panas dan tidak pula terlalu dingin.

Anda mungkin harus berpikir ulang untuk berangkat umrah pada bulan-bulan lainnya. Arab Saudi mempunyai dua musim yang kontras, yaitu musim panas sekitar bulan Maret hingga Agustus, dan musim dingin sekitar bulan September hingga Februari. Di puncak musim panas, suhu di Tanah Suci dapat mencapai angka 45 derajat Celcius, sementara di puncak musim dingin suhu bisa turun mencapai 3 derajat. Sedangkan pada bulan Maret-Mei, udara Tanah Suci tidak terlalu dingin di malam hari dan tidak pula terlalu panas pada siang hari.

Awal atau Akhir Tahun Masehi

Waktu terbaik umrah juga jatuh pada awal atau akhir tahun Masehi. Anda bisa mempertimbangkan untuk berangkat umrah pada awal tahun untuk mengawali tahun baru dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain dapat memulai awal tahun dengan melakukan hal-hal bermanfaat, berangkat umrah di awal tahun juga bisa jadi pilihan tepat mengingat kondisi cuaca di Tanah Suci tidak terlalu panas pada siang hari. Jadi, Anda bisa beribadah dan tawaf dengan lebih nyaman.

Selain di awal tahun, Anda bisa juga berangkat umrah di akhir tahun. Bulan Desember juga merupakan waktu terbaik umrah untuk menutup tahun dengan istimewa. Dibanding menggunakan waktu berharga Anda untuk berpesta dan berhura-hura, ada baiknya Anda melewatkan pergantian tahun dengan beribadah di Tanah Suci dan menjadi orang yang lebih baik.

Menjelang dan Sesudah Musim Haji

Satu lagi waktu terbaik umrah yang perlu Anda ketahui, yaitu menjelang dan sesudah musim haji. Biasanya, menjelang musim haji yang jatuh sekitar bulan Syawal hingga bulan Dzulhijah, suasana Tanah Suci cukup sepi. Dengan begitu, Anda bisa menunaikan ibadah umrah di beberapa tempat yang mustajab seperti Hijr Ismail dan Maqam Ibrahim tanpa perlu berdesakan dengan banyak orang.

Hal yang sama juga berlaku sesudah musim haji. Ketika musim haji selesai, suasana di Tanah Suci akan sangat mendukung bagi Anda yang ingin menunaikan ibadah umrah dengan leluasa. Anda pun tanpa tidak perlu lelah berdesak-desakan dengan banyak orang.

Itulah beberapa waktu terbaik umrah yang perlu Anda ketahui. Segeralah rencanakan keberangkatan umrah Anda di beberapa waktu terbaik yang sudah disebutkan di atas. Masih belum punya cukup dana? Sekarang Anda bisa membuka Tabungan BISA Umrah iB dari Bank Danamon yang akan membantu mewujudkan impian umrah Anda.

Setiap bulannya, setoran rutin akan didebet otomatis dari rekening Anda ke rekening Tabungan BISA Umrah iB. Kabar baiknya lagi, jumlah setoran rutin bulanan dan jangka waktu menabung bisa Anda tentukan sendiri sesuai kemampuan finansial Anda. Demi kenyamanan, Anda juga tidak diharuskan menggunakan agen travel rekanan Bank Danamon. Nantinya, uang yang terkumpul di rekening Tabungan BISA Umrah iB akan ditransfer ke rekening Anda. Benar-benar praktis, bukan?