SMS Banking, Mobile Banking, dan Internet Banking, Apa Bedanya?

Kecanggihan teknologi masa kini semakin memudahkan segala aktivitas sehari-hari. Seperti misalnya layanan perbankan yang bisa Anda nikmati dengan menggunakan smartphone. Setidaknya, ada tiga jenis layanan perbankan yang bisa Anda akses menggunakan smartphone, yaitu SMS banking, mobile banking, dan internet banking. Aplikasi mobile banking bahkan bisa Anda unduh gratis di smartphone untuk memudahkan transaksi harian Anda. Tak perlu pergi ke bank, tak perlu mengantre, tinggal klik melalui smartphone, transaksi bisa beres. Kemudahan mobile banking inilah yang kemudian membuat banyak nasabah bank mulai menggunakannya.

Apa lagi kelebihan mobile banking yang bisa Anda rasakan? Lalu, apa bedanya dengan SMS banking dan internet banking? Simak penjelasan selengkapnya melalui artikel kali ini!  

SMS Banking: Transaksi Perbankan Melalui Layanan SMS

 

Layanan perbankan yang bisa Anda gunakan untuk bertransaksi tanpa harus pergi ke teller atau ATM adalah SMS banking. Jenis transaksi yang bisa dilakukan dengan SMS banking meliputi cek saldo, bayar tagihan listrik, transfer, beli pulsa, dan yang lainnya. Kelebihan SMS banking dibanding mobile banking dan internet banking adalah tidak membutuhkan jaringan internet. Meski terkesan konvesional, SMS banking lebih memudahkan bagi nasabah yang tinggal di daerah yang kesulitan akses internet. Anda juga tak perlu smartphone canggih untuk bisa bertransaksi dengan SMS banking. 

Kelebihan lain dari SMS banking adalah Anda hanya tinggal mengirim kode ke nomor yang sudah ditentukan oleh pihak bank untuk mendapatkan layanan transaksi. Simpelnya, mengakses SMS banking sama dengan ketika Anda mengirim pesan biasa. Atau jika Anda mengetahui proses pengisian pulsa, menggunakan SMS banking sama dengan itu prosesnya. Anda hanya tinggal memasukkan kode dan mengirimkannya ke nomor bank, selanjutnya pihak bank akan memberikan informasi yang Anda minta melalui SMS tadi. 

Keamanan dengan menggunakan layanan SMS banking juga bisa lebih terjaga karena setiap data yang selesai dikirimkan kepada operator bisa langsung dihapus. Transaksi yang Anda lakukan juga lebih bebas gangguan masalah koneksi internet. Asalkan punya pulsa yang cukup untuk melakukan SMS, di manapun dan kapan pun, Anda bisa gunakan fitur layanan ini.

Mobile Banking: Transaksi Perbankan Langsung dari Ponsel

Sama-sama menggunakan ponsel sebagai media untuk bisa mengakses layanan perbankan, namun mobile banking lebih unggul dalam hal fitur yang ditawarkan. Untuk bisa menikmati kelebihan mobile banking¸ ada dua cara yang bisa dilakukan. Yang pertama adalah dengan mengunduh aplikasi mobile banking terlebih dahulu melalui smartphone Anda. Yang kedua, Anda bisa memanfaatkan menu provider. Tapi, hanya provider tertentu saja yang bisa digunakan untuk mengakses layanan mobile banking. Cara mengakses layanan mobile banking juga cukup mudah. Setelah selesai mengunduh aplikasi mobile banking, Anda harus mengirim SMS sesuai dengan format yang ditentukan oleh pihak bank tempat Anda membuka rekening. 

Kemudian, setelah aplikasi benar-benar terpasang, buatlah identitas dan password yang akan Anda gunakan seterusnya ketika mengakses layanan perbankan. Saat ini, layanan mobile banking bisa Anda buat ketika baru pertama kali membuka rekening di suatu bank. Pihak bank akan dengan senang hati membantu Anda melakukan aktivasi layanan mobile banking pada smartphone. 

Kelebihan mobile banking tidak hanya akan dirasakan oleh para nasabah, tetapi juga pihak bank. Bagi nasabah, aplikasi mobile banking sangat aman karena Anda akan mendapatkan SMS ketika ditemui aktivitas yang dilakukan oleh orang lain, di mana aktivitas tersebut berhubungan dengan setoran, tarikan, dan transfer uang. Sedangkan bagi pihak bank, kelebihan mobile banking merupakan suatu cara untuk menghemat biaya tele-banking. Di samping itu, kelebihan mobile banking bisa digunakan untuk meningkatkan kepuasaan nasabah. 

Internet Banking: Transaksi Perbankan Menggunakan Jaringan Internet

Internet banking juga dikenal dengan nama lain online banking, electronic banking, virtual banking, cyber banking, dan home banking. Sudah banyak bank di Indonesia yang menyediakan fitur layanan ini termasuk salah satunya adalah Danamon. Internet banking mirip dengan mobile banking karena sama-sama membutuhkan internet untuk bisa mengakses layanan perbankan. Tapi, jika mobile banking mengharuskan Anda untuk mengunduh aplikasi terlebih dahulu, tidak demikian dengan internet banking. 

Dengan internet banking, Anda hanya harus membuka situs bank. Transaksi yang bisa dilakukan sama dengan SMS dan mobile banking, yaitu cek saldo, transfer, mutasi rekening, bayar tagihan listrik, dan telepon. Untuk bisa memanfaatkan layanan internet banking, terlebih dahulu Anda harus mendaftar melalui ATM atau pada bank yang bersangkutan secara langsung. Mendaftar melalui mesin ATM sangatlah mudah, Anda hanya harus memasukkan kartu debit lalu masukkan pin. Selanjutnya pilih internet banking dan mendaftar sesuai dengan panduan. Selesai mendaftar, langkah terakhir adalah aktivasi internet banking dengan cara login ke situs bank. 

Kelebihan utama dari internet banking adalah tidak adanya instalasi aplikasi yang memberatkan kinerja smartphone Anda karena bisa diakses melalui situs bank langsung asalkan ada internet. Untuk melakukan transfer, Anda juga hanya harus login ke situs bank, memasukkan rekening tujuan, serta nominal yang akan ditransfer. Informasi terkait kartu kredit termasuk tagihan, saldo, transaksi, serta informasi lain bisa dengan mudah diketahui melalui internet banking. 

Harus Menggunakan yang Mana?

Dari ketiga metode akses layanan perbankan melalui ponsel, Anda bisa menyesuaikannya sendiri dengan kebutuhan. Namun, jika Anda bertanya mana yang paling simpel serta efisien untuk digunakan dalam transaksi perbankan sehari-hari, jawabnya adalah mobile banking. Pasalnya, aplikasi mobile banking menawarkan banyak keunggulan bagi Anda, dan juga merupakan perpaduan antara SMS banking dan internet banking. 

Seperti contohnya D-Bank dari Danamon. D-Bank merupakan aplikasi mobile banking dari Danamon yang menawarkan banyak fitur serta kelebihan. Salah satu kelebihan mobile banking dari D-Bank adalah Anda tak perlu pergi ke bank untuk melakukan pembukaan rekening baru. Cukup dengan menggunakan fitur video call kapan dan di mana saja. 

 

Dengan menggunakan aplikasi pada smartphone, informasi pribadi seperti username dan password untuk bisa akses ke rekening pribadi juga lebih aman. Berbeda dengan SMS banking di mana mungkin saja Anda lupa menghapus pesan yang dikirimkan kepada pihak bank sehingga nomor rekening terekspos pada orang yang meminjam smartphone Anda. Sama halnya juga dengan menggunakan internet banking di mana pada pengaturan browser bisa memungkinkan pengguna untuk menyimpan username dan password. 

Kembali lagi pada aplikasi mobile banking dari Danamon, melalui Aplikasi D-Bank juga bisa buka deposito baru lebih cepat dan nyaman. Anda bisa melakukannya secara online. Menariknya lagi, jika Anda merupakan pengguna D-Bank dari Danamon, tarik tunai di ATM sudah tidak memerlukan kartu ATM. Segera daftarkan diri Anda menjadi nasabah Danamon melalui aplikasi D-Bank Registration dan nikmati kemudahan transaksi perbankan melalui Aplikasi D-Bank.