5 Kota di Dunia yang Paling Banyak Dikunjungi Sepanjang 2018

Seperti tahun-tahun sebelumnya, banyak kota dari negara-negara di dunia yang dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara sepanjang tahun 2018. Beberapa di antaranya juga secara konsisten mendapatkan jumlah kunjungan yang terus meningkat. Penasaran dengan lima kota di dunia yang paling banyak dikunjungi sepanjang tahun 2018? Simak informasi lengkapnya berikut ini!

1. Bangkok, Thailand


Berdasarkan rangkuman perkembangan dan penurunan perjalanan dari 162 kota di seluruh dunia dari Global Destination Cities Index, Bangkok menempati urutan teratas sebagai kota di dunia yang paling banyak dikunjungi selama 2018. Tercatat ada 20,1 juta pengunjung asing datang ke ibu kota Thailand tersebut. Bangkok kembali mempertahankan posisinya sebagai negara yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan asing dengan mengalami pertumbuhan wisatawan sebesar 9,6%. Bangkok juga menjadi kota dengan kunjungan turis asing paling banyak di Asia Tenggara, mengalahkan negara-negara seperti Jakarta, Singapura, Malaysia, dan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Baca Juga: Pertama Kali Berpergian ke Luar Negeri Bersama Si Kecil? Simak Tipsnya Berikut Ini

2. London, United Kingdom


Peringkat yang mengukur volume dan pengeluaran pengunjung untuk menilai perkembangan kunjungan ke kota-kota tujuan di tahun 2018 ini, menetapkan London di urutan ke-2 sebagai kota yang paling banyak dikunjungi turis asing. Dengan total jumlah pengunjung sebesar 19,83 juta, ibu kota Inggris ini mengalahkan Paris di posisi ke-3. London memang memiliki semua hal yang dicari oleh wisatawan dan memiliki banyak landmark populer seperti Tower of London, Buckingham Palace, hingga Big Ben. Memiliki sejarah kota yang panjang dan dramatis, London juga memanjakan wisatawan dengan berbagai museum serta suasana kota yang dipenuhi banyak bangunan klasik mempesona. 

3. Paris, Prancis


Ibu kota Prancis ini berhasil menduduki peringkat ke-3 dengan mengantongi jumlah pengunjung sebesar 17,44 juta. Sektor pariwisata di Prancis memang menjadi salah satu penyumbang besar bagi pendapatan negara. Sektor ini mewakili 8% pendapat negara serta menciptakan dua juta lapangan kerja sehingga memiliki pengaruh ekonomi sangat besar bagi Prancis. Wisatawan dari Indonesia pun termasuk salah satu pasar prioritas Prancis, mengingat Indonesia menjadi negara ASEAN pertama yang memberikan turis terbanyak tahun 2016 lalu, yaitu sebesar 150.000. Paris juga kerap dikunjungi oleh wisatawan dari negara-negara Asia seperti China dengan sekitar 2,1 juta kunjungan, Jepang dengan 800.000, dan India dengan 500.000 pada tahun 2017 lalu. 

4. Dubai, Uni Emirat Arab

 

Dubai, Uni Emirat Arab mengukuhkan posisi ke-4 dengan meraup 15,79 juta pengunjung sepanjang tahun 2018. Dengan hasil ini, Dubai telah menjadi kota ke-4 yang paling sering dikunjungi di dunia versi Mastercard’s GDCI 2018 selama empat tahun berturut-turut. Jumlah turis asing ke Dubai pada 2018 mengalami peningkatan dibanding tahun 2017 lalu dengan 15,79 pengunjung. Di samping itu, selama tiga tahun berturut-turut, Dubai juga berada di peringkat tertinggi dalam daftar kota di dunia dengan jumlah pengunjung terbanyak. Pada tahun 2017 lalu, total pembelanjaan pengunjung internasional di Dubai bahkan diperkirakan menyentuh angka Rp45 triliun. Dengan berbagai pencapaian ini, Dubai terus berkomitmen untuk memberikan pengalaman baru bagi wisatawan agar terus tertarik berkunjung ke Kota Emas ini.

Baca Juga: 5 Destinasi Terbaik untuk Kamu yang Baru Pertama Kali Liburan ke Luar Negeri

5. Singapura


Mastercard menyebut bahwa kota-kota yang paling banyak dikunjungi di dunia biasanya mempunyai infrastruktur yang solid, atraksi untuk rekreasi dan bisnis, serta refleksi yang kuat dari budaya lokal. Itulah yang juga dimiliki oleh Singapura dengan keberhasilannya menduduki posisi ke-5 dengan total 13,91 juta pengunjung selama tahun 2018. Negara yang populer dengan Patung Singa Putih ini terkenal karena pusat perbelanjaannya serta memiliki banyak tempat wisata mulai dari Universal Studio, Wahana Bermain Singapore Flyer, Singapore Zoo, hingga Marine Life Park Singapore.

Itulah lima kota di dunia yang paling banyak dikunjungi turis mancanegara sepanjang tahun 2018. Untuk Anda yang sedang merencakan liburan, kota-kota di dunia di atas juga layak dipertimbangkan. Semoga bermanfaat!


ALSO READ
MOST POPULAR