Tabungan dan DepositoPinjamanTransaksi PembayaranKartu KreditInvestasiAsuransiSyariahDanamon PrivilegeLayanan LainSyarat Ketentuan Umum Rekening dan LayananPengkinian DataPromoD-PointPanduan Penanganan Keluhan Nasabah

FAQ D-Point

TANYA JAWAB SEPUTAR “D-POINT”

T = Tanya, J = Jawab

 

T: Apakah D-Point itu?

J: D-Point adalah program poin reward yang diperoleh Nasabah melalui beragam aktifitas perbankan yang ditentukan oleh Danamon sebagai penghargaan Danamon atas loyalitas Nasabah. Pengumpulan dan penghitungan poin pada program ini dilakukan oleh sistem berdasarkan aktivitas perbankan yang dilakukan nasabah melalui produk-produk Danamon, yang dihitung berdasarkan matriks poin yang sudah ditentukan. Nasabah dapat mengumpulkan D-Point dari beberapa produk yang dimiliki selama produk-produk tersebut dalam 1 (satu) nomor Identitas Nasabah. D-Point yang terkumpul dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah atau merchandise langsung oleh Nasabah melalui channel-channel penukaran D-Point yang disediakan oleh Bank salah satunya dengan mengakses website penukaran D-Point di https://www.danamonline.com.

 

T: Bagaimana nasabah dapat mengikuti program ini?

J: Sebagai Nasabah yang memiliki rekening pribadi di Danamon, secara otomatis Anda dapat mengikuti proses pendaftaran apapun sesuai dengan kriteria persyaratan dan ketentuan yang berlaku

 

T: Kapan Nasabah dapat mengikuti program ini?

J: Keikutsertaan Nasabah dimulai pada saat program ini diluncurkan atau pada saat nasabah bergabung dengan Danamon melalui rekening produk-produk Danamon.

 

T: Kapan program ini berakhir?

J: Keikutsertaan program akan secara otomatis akan berakhir jika nasabah tidak lagi memiliki rekening di Bank dan/ atau nasabah dinyatakan tidak berhak pengumpulkan atau penukarkan D-Point oleh Bank karena melakukan kecurangan dalam pengumpulan D-Point atau melanggar ketentuan perbankan lainnya. Dalam hal ini Bank sepenuhnya berhak untuk membatalkan keikutsertaan nasabah dalam program ini

 

T: Apakah D-Point ini memiliki masa berlaku?

J: Iya. Masa berlaku 3 (tiga) tahun sejak poin dihasilkan/ dikonversi/ dimigrasi

 

T: Bagaimana jika poin-poin tersebut telah melewati masa berlakunya?

J: Poin tersebut akan secara otomatis hangus dan tidak dapat ditukarkan untuk hadiah D-Point apapun.

 

T: Bagaimana dengan nasabah yang menutup semua rekeningnya tapi poinnya masih ada yang berlaku?

J: Poin akan otomatis hangus. Disarankan untuk menukarkan poinnya sebelum melakukan penutupan rekening. Ini berlaku juga bagi rekening-rekening yang ditutup oleh bank (involuntary closed seperti dormant zero balance dll)

 

T: Apa kriteria nasabah untuk program ini?

J:

  • Nasabah Individu dari Consumer & SME Banking
  • Memiliki setidaknya 1 rekening aktif/ open di CIF-nya
  • Tidak termasuk dalam daftar fraud/ tunggakan/ pelanggaran lainnya

 

T: Produk apa saja yang mencakup dalam program ini?

J:

  • Debit Card (Regular & Manchester United)
  • E-channel (ATM, Danamon Online Banking, D-Mobile, Danamon SMS Banking & Cash Deposit Machines)
  • Kredit Kepemilikan Rumah
  • Personal Loan/ KTA/ Dana Instant
  • Bancassurance (PPM, PPRO, PPRA, PPE, Primajaga100, PPA)
  • Reksadana (Mutual Fund & DRIP kecuali reksadana money market)
  • SME Lending (KRK, KAB & KB)

 

T: Bagaimana cara perhitungan poinnya?

J: Poin “D-Point” akan dihitung berdasarkan matriks perhitungan dasar poin. Poin akan dihitung & dikumpulkan dalam sistem dari rekening-rekening nasabah yang satu nomor CIF (customer number)

 

T: Bagaimana matriks penghitungan poinnya?

J:

Produk

Sub Produk

Jenis Transaksi/ Aktifitas

Total D-Point

Kartu Debit

- Regular

- Manchester United

Pembelanjaan melalui POS (alat gesek khusus pembelanjaan) min transaksi Rp 2.500

1 D-Point

E – Channel

- ATM

- Danamon Online Banking

- Danamon Mobile Banking

- Danamon SMS Banking

- Cash Deposit Machines

Min transaksi 5 kali per bulan

250 D-Point

E – Channel

- Danamon Online Banking

- Danamon Mobile Banking

- Danamon SMS Banking

Pendaftaran Danamon Online Banking/ D-mobile dan langsung melakukan transaksi dalam bulan yang sama

500 D-Point

KPR

- KPR

- KMG

Pencairan kredit rumah min kredit Rp 500 juta. Poin dihitung kelipatan Rp 1.000.000

10 D-Point

KTA/ Dana Instant

- KTA

- Instant Funds

Pencairan kredit tanpa agunan min kredit Rp25 juta. Poin dihitung dengan kelipatan Rp 1.000.000

50 D-Point

Bancassurance

Proteksi Prima Maxiplus

Pembelian asuransi min premi Rp 100 juta. Poin dihitung dengan kelipatan Rp 1.000.000

100 D-Point

Bancassurance

- Proteksi Prima Rencana Optima

- Proteksi Prima Rencana Absolut

- Proteksi Prima Emas

Pembelian asuransi min premi disetahunkan (APE) Rp 12 juta. Poin dihitung dengan kelipatan Rp 1.000.000

1,000 D-Point

Bancassurance

- Primajaga 100

- Poteksi Prima Amanah

Pembelian asuransi min premi Rp 200 ribu. Poin dihitung dengan kelipatan Rp 1.000

1.25 D-Point

Reksadana

- Mutual Fund

- DRIP

Pembelian produk reksadana min Rp 1 juta. Tidak berlaku untuk reksadana money market & obligasi

 20 D-Point

Produk SME

- Kredit Rekening Koran

-   Kredit Angsuran Berjangka/ Kredit Kepemilikan Tempat Usaha

-   Kredit berjangka

Pencairan Kredit produk SME/ Bisnis min Rp 500 juta. Poin dihitung dengan kelipatan Rp 1.000.000

25 D-Point

 

 

T: Apakah transaksi pembelanjaan Debit Card di luar negeri berlaku dihitung poin?

J: Ya dihitung. Poin dihitung berdasarkan nominal pembelanjaan dalam mata uang rupiah setelah dikonversi dari mata uang asal. Nilai tukar mata uang asing berdasarkan nilai tukar yang berlaku di Danamon

 

T: Bagaimana dasar penghitungan poin untuk produk Bancassurance?

J: Berdasarkan pembelian premi yang sudah diterbitkan polis asuransinya

 

T: Bagaimana jika terjadi pembatalan premi asuransi setelah polis diterbitkan, apakah poin tetap diberikan?

J: Selama polis sudah diterbitkan dan dana sudah masuk maka poin tetap diberikan

 

T: Bagaimana premi yang termasuk dalam produk unit link seperti PPM?

J: Poin dihitung berdasarkan total premi yang dibayarkan, tidak memperhitungkan porsi investasi dan asuransinya

 

T: Bagaimana jika kredit KTA nasabah menunggak apakah poin tetap diberikan?

J: Poin untuk KTAnya tetap diberikan karena berdasarkan pencairan pertama. Tapi status menunggak pada rekening KTA nasabah mengakibatkan poin nasabah tidak bisa diredeem/ ditukar sampai dengan kewajiban tunggakan nasabah selesai

 

T: Bagaimana jika nasabah memiliki 2 Nomor Identitas Nasabah (CIF)?

J: Nasabah akan dianggap 2 nasabah yang berbeda. Dan point dari masing-masing CIF tidak dapat digabungkan

 

T: Bagaimana jika nasabah masih memiliki Nomor Identitas Nasabah (CIF) tapi semua rekeningnya sudah tutup?

J: Nasabah tidak berhak mengikuti program ini. Dan poin yang terkumpul akan otomatis hangus

 

T: Bagaimana mekanisme pengumpulan poin rekening gabungan?

J: Rekening gabungan baik AND atau OR maka poin akan dihitung & dikumpulkan untuk CIF pertama

 

T: Bagaimana cara penukaran D-Point?

J: Saat ini ada 2 channel untuk penukaran D-Point:

1.Melalui website https://www.danamonline.com

2.Melaui Hello Danamon

 

T: Bagaimana cara penukaran D-Point melalui website?

J:

a. Masuk ke link https://www.danamonline.com

b. Masukan data credential nasabah:

  • Nomor Rekening atau Kartu Debit
  • Tanggal Lahir (DD/MM/YYYY) dan
  • Nomor handphone, tanpa prefiks “0” atau “62” (contoh: 812XXXXXXX)

c. Masukan kode OTP (one tome password) yang diterima melalui handphone yang terdaftar di sistem bank

d. Pilih hadiah/ items/ gifts/ tiket pesawat/ hotel yang ada dalam web redemption sesuai jumlah poin yang dimiliki nasabah

e. Lakukan konfirmasi transaksi penukaran poin

f. Nasabah akan menerima notifikasi transaksi penukaran poin melalui alamat email yang terdaftar di sistem bank

 

T: Bagaimana cara penukaran D-Point melalui Hello Danamon?

J:

a. Hubungi customer care Hello Danamon 1 500 090

b. Verifikasi data nasabah sesuai ketentuan berlaku untuk level transaksi

c. Team Customer Care Hello Danamon membuka halaman penukaran poin dan akan melakukan penukaran poin untuk nasabah

d. Pilih menu Redeem D-point

e. Masukan data credential nasabah:

  • Nomor Rekening/ Kartu Debit
  • Tanggal Lahir (DD/MM/YYYY) dan
  • Nomor handphone, tanpa prefiks “0” atau “62” (contoh: 812XXXXXXX)

f. Pilih hadiah/ items/ gifts yang ada dalam web redemption sesuai jumlah poin yang dimiliki nasabah

g. Lakukan konfirmasi ulang transaksi dengan menginformasikan nasabah hadiah/ items dan total poin yang ditukar. Jika nasabah setuju, proses dilanjutkan.

h. Nasabah akan menerima notifikasi transaksi penukaran poin melalui alamat email yang terdaftar di sistem bank

 

T: Apa perbedaan penukaran melalui website D-Point & Hello Danamon?

J:

 

Perihal

Web Site

Hello Danamon

Pilihan Hadiah

Semua kategori (Travel & Non Travel)

Hanya Non Travel

Biaya

Gratis

Dikenakan biaya:

 i.        2.500 D-Point jika menukar hingga 100.000 D-point

ii.        ii. 5.000 D-Point jika menukar di atas 100.000 D-Point

Alamat pengiriman hadiah

Bisa dikirim ke alamat lain selain alamat yang di sistem bank

Hanya bisa dikirim ke alamat yang tertera di sistem bank

 

T: Bisa ditukarkan apa saja D-Point ini?

J: Ada 3 kategori hadiah yang bisa ditukarkan:

  • Travel, kategori khusus berkaitan dengan perjalanan seperti tiket pesawat di 9000 perusahaan penerbangan, reservasi di 450.000 hotel, penyewaan mobil di 150 cities dan lain-lain
  • Non Travel, kategori hadiah berupa barang/ jasa seperti gadget, electronic, home appliance, merchandise MU, fee waiver, jasa layanan majalah/ TV dan lain-lain
  • Voucher, kategori spesifik berbentuk voucher fisik maupun electronik seperti voucher belanja, hotel, pulsa dan lain-lain

 

T: Apakah poin yang sudah ditukarkan bisa dibatalkan?

J: Tidak bisa

 

T: Bagaimana jika barang yang dipesan tidak sesuai dengan yang dipilih?

J: Anda dapat menghubungi Customer Care Hello Danamon untuk menyampaikan keluhan dan Danamon akan membantu menindaklanjuti tersebut ke pihak vendor penyedia barang

 

T: Berapa lama barang sampai ke alamat tujuan?

J: Pengiriman tergantung dari jenis barang, asal barang dan alamat tujuan, mempertimbangkan asal barang bisa saja berasal dari luar Indonesia. Secara keseluruhan lama pengiriman sekitar 14 - 30 hari kerja

 

T: Bagaimana menyampaikan keluhan?

J: Keluhan penukaran point selambat-lambatnya diterima Hello Danamon 1 500 090, 2 (dua) minggu sejak penukaran poin