RekeningPendanaanInvestasiAsuransiSyariahCash ManagementLayanan LainTax AmnestySyarat Ketentuan Umum Rekening dan Layanan

Trade Finance

Kami membantu pendanaan dan penanganan resiko dalam aktifitas perdagangan Anda dengan menawarkan berbagai jenis variasi Trade Product. Cakupan wilayah secara nasional serta aliansi internasional yang kami miliki akan membantu Anda untuk mencapai tujuan bisnisnya secara efektif.

Letter of Credit 

(klik link di atas untuk informasi lebih rinci)

Atas dasar LC (letter of credit) bank akan memberikan kepastian pembayaran kepada penjual (eksportir) sedangkan di sisi lain memberikan jaminan kepada pembeli (importir) bahwa pembayaran hanya akan dilakukan setelah pengiriman barang seperti yang telah ditentukan dalam LC.

Import Letter of Credit financing (ILF)

(klik link di atas untuk informasi lebih rinci)

ILF adalah fasilitas pinjaman jangka pendek yang disediakan untuk importir / buyer (Pemohon LC). Untuk LC UPAS, Pemohon LC dimungkinkan untuk bisa membayar dimuka atau pada waktu tertentu dalam periode usance LC ke si penerima – dengan mencantumkan klausula “bisa membayar secara sight atau at certain days”. Dengan menerbitkan LC ini, impotir / buyer mempunyai kewajiban membayar LC pada saat jatuh tempo sesuai dengan tenor LC, sementara itu financing bank akan membayar si penerima secara sight atau certain days.  Atau dengan alternatif lain, di mana pemohon mungkin bisa juga mendapatkan pembiayaan atas LC sight yang dilakukan klaim oleh nominated bank.

Open Account Financing Buyer

(klik link di atas untuk informasi lebih rinci)

Open Account Financing Buyer (OAF Buyer) merupakan pembiayaan jangka pendek yang memungkinkan pihak pembeli/importir melakukan transaksi perdagangan atas dasar open account untuk mendapatkan financing dengan menggunakan invoice, Purchase Order atau copy LC (dalam hal BDI melakukan pembiayaan LC yang diterbitkan oleh bank lain untuk selektif nasabah Korporat) sebagai instrumen perdagangan.. Secara selektif (hanya untuk nasabah utama BDI dan harus mendapat persetujuan dari komite kredit),OAF Buyer juga tersedia bagi nasabah yang ingin mendapatkan pembiayaan atas LC mereka yang diterbitkan oleh bank lain Transaksi OAF Buyer ini dapat bersifat domestik ataupun antar negara.

Open Account Financing Seller

(klik link di atas untuk informasi lebih rinci)

Open Account Financing Seller (OAF Seller) merupakan pembiayaan jangka pendek yang diberikan pembeli (importir) maupun penjual (eksportir) yang melakukan perdagangan secara Open Account basis, dengan menggunakan commercial invoice sebagai instrument pembiayaannya. OAF Ekspor adalah pembiayaan yang diberikan kepada nasabah eksportir (supplier/penjual) untuk membiayai tagihan penjualan barang/jasa berdasarkan tagihan(invoice) penjualan yang diterbitkan kepada pembeli.

Bank Guarantee / Stanby LC

(klik link di atas untuk informasi lebih rinci)

Suatu Bank Guarantee (BG) adalah suatu janji tertulis baik itu kondisional atau tidak kondisional, yang diterbitkan oleh bank untuk kepentingan nasabah, yaitu berupa jaminan untuk melakukan klaim atas dasar Bank Guarantee seandainya principal tidak memenuhi kewajiban dibawah kontrak yang mendasarinya, dimana bank penerbit akan melakukan penggantian kerugian secara finansial sesuai dengan syarat-syarat BG.

Financing Againts Trust Receipt (FATR)

(klik link di atas untuk informasi lebih rinci)

Secara umum, dalam hal importasi / pembelian barang, importir / buyer akan menerbitkan L/C impor/SKBDN ataupun menggunakan Incoming Collection Services (“ICS”). Untuk mendanai L/C atau ICS, BDI dapat memberikan fasilitas Financing Against Trust Receipt (FATR). Dengan fasilitas ini, importir/buyer dapat mengirimkan barang yang akan digunakan untuk proses produksi, menjualnya dan kemudian melunasi hutangnya kepada BDI pada saat atau sebelum jatuh tempo kredit.

Shipping Guarantee 

(klik link di atas untuk informasi lebih rinci)

Shipping Guarantee (SG) diterbitkan oleh bank agar pihak pemohon dapat melakukan penyelesaian dokumen dengan perusahaan pelayaran dalam kondisi dimana dokumen asli Bill of Lading belum diterima oleh pihak Bank sementara barang telah sampai di pelabuhan tujuan. Dokumen pengapalan dimaksud dapat masih berada dalam perjalanan ataupun hilang dalam perjalanan.

Pre-Shipment Financing Under LC & PO

(klik link di atas untuk informasi lebih rinci)

Merupakan pembiayaan perdagangan jangka pendek yang disediakan bagi eksportir untuk memenuhi kebutuhan modal kerja (pembelian bahan baku, aktivitas produksi, dll) sebelum pengapalan yang terkait dengan jadwal ekspor dan dapat diberikan atas dasar LC atau PO.

Clean Letter of Credit Negotiation  

(klik link di atas untuk informasi lebih rinci)

Merupakan pembiayaan tanpa fasilitas yang diberikan kepada eksportir (nasabah ataupun bukan nasabah BDI) dimana BDI akan membeli draft dan dokumen ekspor yang telah memenuhi seluruh syarat dan ketentuan dalam L/C agar eksportir bisa mendapatkan pendananaan di muka ketika menunggu jatuh tempo pembayaran.

Discrepant Letter of Credit Negotiation 

(klik link di atas untuk informasi lebih rinci)

DLN adalah produk financing post-shipment yang diberikan kepada dokumen negosiasi LC di mana presentasinya telah terbukti menyimpang dari syarat dan ketentuan LC sehingga issuing bank tidak dapat dijadikan sebagai primary recourse, dengan demikian pihak penerima yang akan menjadi primary recourse.

Out Going Collection Financing

(klik link di atas untuk informasi lebih rinci)

“Outgoing Collection Financing (OCF)” adalah suatu produk trade financing di mana BDI membiayai tagihan penjual (drawer) yang ditagih melalui Outgoing Collection Services (OCS).

Out Going Collection Services

(klik link di atas untuk informasi lebih rinci)

Outgoing Collection Services (OCS) atas dasar documentary collection merupakan produk jasa trade dimana BDI melakukan penagihan atas dokumen penjual (Penarik) kepada pihak pembeli (Tertarik). Outgoing Collection Services adalah suatu proses dimana penjual (Penarik), dengan menyerahkan melalui bank (Bank Pengirim) atas dokumen komersial dan dokumen pengapalan terkait dengan produk/jasa yang dikirimkan, untuk kemudian memperoleh pembayaran dari pihak pembeli (Tertarik) melalui Bank Pembeli (Bank Penagih).

Incoming Collection Services

(klik link di atas untuk informasi lebih rinci)

Incoming Collection Services (ICS) adalah suatu produk untuk menangani kedatangan documentary collection. Collection di atur dalam the Uniform Rules for Collections (URC522) sebagai penanganan oleh bank terhadap dokumen sesuai instruksi yang diterima. 

Incoming Collection Avalization

(klik link di atas untuk informasi lebih rinci)

Incoming Collection Avalization (ICA) atau yang juga dikenal dengan Avalisasi Tagihan harus dibedakan dari ICS dalam hal bahwa BDI memberikan avalisasi atas penagihan dokumen tersebut yang menjamin pembayaran kepada pihak principal (Eksportir). Avalisasi adalah suatu lembaga penjaminan atas dasar hukum bill of exchange di mana setiap pihak ketiga mengikatkan dirinya untuk menjamin pembayaran dari bill of exchange pada saat jatuh tempo.  Pihak yang melakukan penjaminan tersebut disebut sebagai Avalis/penjamin, sementara pihak yang menerima jaminan disebut dengan avalirde. Avalisasi dapat diberikan oleh setiap pihak ketiga bahkan oleh pihak penandatangan bill of exchange. Pihak ketiga yang dimaksud adalah pihak independent yang tidak memiliki hubungan secara hukum dengan bill of exchange. Pihak penandatangan bill of exchange dimaksud adalah pihak penarik, penerima dan pengendorse.
 

Transferable LC

(klik link di atas untuk informasi lebih rinci)

Digunakan untuk memfasilitasi trader yang bertindak sebagai perantara/penerima pertama  (1st beneficiary dari master LC) untuk mendapatkan keuntungan melalui penukaran invoice atas dasar Trasnferable LC. Transferable LC dapat ditransfer dari penerima pertama kepada satu atau lebih dari penerima kedua (2nd beneficiary)  

Trade Finance & Trade Network

Kota

Nomor Telepon

Trade Finance Sales Support

021-29705800 ext 1079, 1825, 8431, 8956

Jakarta

021-57991001-3 ext 8965, 1832

Bandung

022-24201505 ext 345

Surabaya

031-531-2126 ext. 1310

Medan

061-4552000 ext 3066

Batam

078-458400 ext 3320

Palembang

0711-312606 ext 3213

Lampung

0721 -487226

Makassar

0411-3612745 - 48 Ext. 3021

Banjarmasin

0511-3257354

Samarinda

0541-747869

Balikpapan

0542-8863500 ext. 220

Semarang

024-86577796

Solo

0271-6790200 ext 3058

Jogjakarta

0274-565053

Palu

0451- 423452