RekeningPendanaanInvestasiAsuransiSyariahCash ManagementLayanan LainTax AmnestySyarat Ketentuan Umum Rekening dan Layanan

Collection Service

Anda juga dapat menikmati manfaat dari layanan pengelolaan piutang kami untuk mempercepat penagihan piutang serta kontrol yang lebih baik atas kewajiban pembayaran dari rekan bisnis Anda. Layanan ini menjamin perputaran dana yang optimal dan tersedianya informasi yang penting guna mendukung kelancaran bisnis Anda.

Virtual Account 

Bank Danamon menyediakan layanan Virtual Account yang dapat memberikan kemudahan mengidentifikasi setiap transaksi yang masuk ke rekening Anda.

Bagi Anda yang memiliki kegiatan bisnis yang secara rutin menerima setoran masuk dari para pelanggan/ nasabah Anda dan seringkali kesulitan dalam mengidentifikasi asal pengirim dana, maka Danamon Virtual Account menjadi solusi tepat bagi permasalahan Anda.

Dengan Danamon Virtual Account, setiap transaksi penerimaan yang masuk ke rekening Anda, dapat diidentifikasi secara cepat melalui 16 digit nomor Virtual Account. Nomor Virtual Account dibuat sendiri oleh nasabah untuk diberikan kepada pelanggan Anda.

MANFAAT LAYANAN

  1. Rekonsiliasi Memberikan kemudahan bagi para nasabah dalam mengidentifikasi atas penerimaan dana yang diterima.
  2. Fleksibel Nasabah dapat menentukan sendiri nomor VA.
  3. Online Nasabah dapat langsung melihat mutasi transaksi hari yang sama melalui cash@work
  4. Rekening Virtual Tanpa pembukaan rekening baru.
  5. Didukung oleh channel yang menyeluruh RTGS/SKN, pemindahbukuan dan setoran tunai, transfer ATM (Danamon/ ATM Bersama/ Alto)dan internet banking (danamononline dan cash@work).

RESIKO LAYANAN
Nasabah/ Pelanggan Nasabah dapat menghindari resiko kesalahan pengkreditan dengan cara memastikan bahwa nomor Virtual Account tujuan sudah sesuai dan benar.
 

PERSYARATAN LAYANAN

  1. Memiliki rekening di Bank Danamon.
  2. Melengkapi dan menandatangani Formulir Aplikasi Layanan Virtual Account.

LAYANAN INFORMASI/KELUHAN

Untuk layanan informasi/keluhan atas transaksi/layanan Virtual Account Bank Danamon, nasabah dapat menghubungi Cash Management Client  Service di nomor 021-3785307.


BIAYA LAYANAN

Seluruh biaya akan langsung di debet dari rekening Nasabah:
• Biaya pendaftaran  Rp 2.000.000.-
• Biaya transaksi  Rp 2.000.-/ transaksi

SIMULASI BIAYA


PT. ABC melakukan pendaftaran layanan Virtual Account di bulan Agustus dan dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp. 2,000,000,- (dua juta rupiah) langsung di debet dari rekening terdaftar.
Bank Danamon memberikan PT. ABC dengan Business Identification Number (BIN) bernomor 7123. PT. ABC akan memberikan nomor rekening virtual untuk para pelanggannya, contoh:
- Pelanggan A dengan nomor rekening virtual 1111-1111
- Pelanggan B dengan nomor rekening virtual 1111-1112
- Pelanggan C dengan nomor rekening virtual 1111-1113
Transaksi yang akan terjadi di Cabang/ ATM/ Internet Banking/ Media lain adalah sebagai berikut:
- Pelanggan A akan melakukan transfer ke rekening Virtual Account dengan nomor tujuan 7123-1111-1111
- Pelanggan B akan melakukan transfer ke rekening Virtual Account dengan nomor tujuan 7123-1111-1112
- Pelanggan C akan melakukan transfer ke rekening Virtual Account dengan nomor tujuan 7123-1111-1113

Pada bulan Agustus, PT. ABC menerima 3 transaksi transfer masuk dari Pelanggan A, Pelanggan B dan Pelanggan C dan dikenakan biaya Rp 2,000 per transaksi dan dilakukan pendebetan pada bulan September (Bulan berjalan berikutnya) dari rekening terdaftar.
 

Cash Pickup and Delivery

Bank Danamon menawarkan layanan pengambilan/ pengantaran uang tunai (rupiah dan valas) dan/ atau warkat (yang sudah dan belum efektif) dari/ ke lokasi nasabah oleh Bank Danamon atau Pihak Ketiga yang ditunjuk (Pihak Ketiga), sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati antara Bank Danamon dan Nasabah.

Ada 3 jenis perhitungan uang tunai, yaitu:


1. Count on Site (COS)
Metode serah terima antara Nasabah dengan Petugas Bank/ Pihak Ketiga dimana perhitungan uang tunai yang dilakukan oleh Petugas Bank/ Pihak Ketiga secara detail untuk denominasi tertentu di lokasi Nasabah.  Untuk mata uang valas akan dilakukan perhitungan secara detail tanpa batasan denominasi di lokasi Nasabah.

2. Said to Contain (STC)
Metode serah terima antara Nasabah dengan Petugas Bank/ Pihak Ketiga dimana perhitungan uang tunai dilakukan oleh Petugas Bank/ Pihak Ketiga di lokasi Bank Danamon atau Pihak Ketiga.

3. Bulk Bundle Count (BBC)
Metode serah terima antara Nasabah dengan Pihak Ketiga dimana Pihak Ketiga akan menghitung uang yang diserahkan Nasabah secara bundle di lokasi nasabah.

MANFAAT LAYANAN

  1. Efisiensi waktu karena petugas Nasabah tidak perlu ke Bank.
  2. Mengurangi resiko pengambilan/ pengantaran uang tunai.
  3. Keamanan lebih terjamin karena uang yang diambil/ diantar diasuransikan.
  4. Waktu pengambilan dan pengiriman yang fleksibel.

RESIKO LAYANAN
1. Nasabah dapat menghindari resiko penyerahan uang kepada pihak yang tidak berwenang dengan cara:

  • Memeriksa kartu ID kepegawaian petugas yang datang dengan daftar petugas terkini
  • Memastikan nasabah menerima copy form dokumen serah terima.

2. Nasabah selalu memastikan bahwa dana cash pick up/ delivery sudah terkredit/ terdebet dengan cara melakukan pengecekan mutasi rekening

PERSYARATAN LAYANAN

  1. Memiliki rekening di Bank Danamon
  2. Menandatangani Perjanjian Kerjasama

ALUR TRANSAKSI (website)

  1. Nasabah menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan Bank Danamon.
  2. Petugas Bank/ Pihak Ketiga datang ke lokasi nasabah.
  3. Nasabah melakukan serah terima uang dengan petugas Bank/ Pihak Ketiga.
  4. Nasabah menerima bukti serah terima dari pihak ketiga.
  5. Nasabah melakukan pengecekan atas pendebetan/ pengkreditan di rekening.

LAYANAN INFORMASI/KELUHAN

Untuk layanan informasi/keluhan atas transaksi/layanan Cash Pick up/ Delivery Bank Danamon, nasabah dapat menghubungi Cash Management Client  Service 021-3785307.

BIAYA LAYANAN

Biaya untuk setiap Nasabah dapat berbeda-beda tergantung pada pemilihan lokasi, frekuensi, jenis layanan dan nominal uang. Seluruh biaya akan langsung didebet dari rekening Nasabah.

Besarnya total biaya akan diinformasikan kepada Nasabah pada saat pengajuan layanan dan dituangkan dalam perjanjian kerjasama yang ditandatangani.
 

Financial Supply Chain 

MANFAAT LAYANAN

Layanan FSC memberikan berbagai manfaat dan kemudahan bagi Nasabah Bank Danamon, baik Nasabah sebagai Penjual (Anchor/Seller) maupun Nasabah sebagai Pembeli (Buyer).

Manfaat bagi Nasabah sebagai Penjual, antara lain:

  1. Adanya kepastian pembayaran bila invoice sudah dikonfirmasi oleh Pembeli.
  2. Penagihan yang lebih cepat dan murah dibandingkan dengan penagihan konvensional (unggah invoice melalui cash@work).
  3. Proses rekonsiliasi pembayaran lebih mudah.
  4. Dapat memberikan opsi kepada Pembelinya untuk menolak invoice yang ditagihkan.
  5. Tersedia informasi yang lebih informatif (sisa limit dan email notifikasi).

Manfaat bagi Nasabah sebagai Pembeli, antara lain:

  1. Proses pembiayaan jauh lebih cepat dibandingkan dengan FSC manual karena tidak diperlukan lagi verifikasi dokumen.
  2. Tidak perlu menerbitkan jaminan Bank Garansi ke Penjual.
  3. Memiliki opsi untuk menolak invoice yang ditagihkan oleh Penjual (apabila opsi tolak diberikan oleh Penjual).
  4. Tersedia informasi yang lebih informatif (sisa limit dan email notifikasi).

RESIKO LAYANAN

  1. Nasabah dapat menghindari resiko kesalahan dalam mengunggah tagihan dengan cara memastikan bahwa data-data tagihan telah di-input ke dalam text file dengan format yang sesuai dan benar.
  2. Apabila pendebetan oleh Penjual gagal dilakukan karena dana tidak mencukupi,  maka Pembeli tidak lagi dapat menerima data tagihan berikutnya dari Penjual sampai status rekening telah memenuhi ketentuan yang berlaku pada Bank Danamon.


PERSYARATAN LAYANAN

  1. Memiliki rekening di Bank Danamon.
  2. Menandatangani Perjanjian Kerjasama dan/atau Perjanjian Kredit (merujuk ke produk Kredit Rekening Koran-Buyer Financing).
  3. Terdaftar sebagai pengguna Layanan cash@work.
  4. Melengkapi dan menandatangani Formulir Pendaftaran/Perubahan Data/Penutupan Layanan Financial Supply Chain untuk Pembeli dan Penjual.

LAYANAN INFORMASI/KELUHAN

Untuk layanan informasi/keluhan atas transaksi/layanan Financial Supply Chain Bank Danamon, nasabah dapat menghubungi Cash Management Client  Service di nomor 021-3785307.


BIAYA LAYANAN

Tidak ada biaya terkait kerjasama Layanan FSC. Biaya yang mungkin timbul hanya terkait kepada pengajuan fasilitas pembiayaan/pinjaman sesuai dengan fasilitas kredit yang diajukan oleh Nasabah.


SIMULASI BIAYA
Tidak tersedia.
 

PT. Bank Danamon Indonesia, Tbk.
Terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)