Berita

Danamon Apresiasi Sejarah Uang Indonesia

Menjalin Kerja Sama dengan Museum Bank Indonesia dan Sosialisasikan Sejarah Uang Indonesia

Jakarta – PT. Bank Danamon Indonesia, Tbk (“Danamon”) hari ini menjalin kerja sama dengan Museum Bank Indonesia (“Museum BI”) dalam mendukung sosialisasi sejarah mata uang Indonesia dengan tema “Apresiasi terhadap mata uang Indonesia melalui Agenda dan Kalender Danamon tahun 2013’: Mari mengenal sejarah uang Indonesia, Mari berkunjung ke Museum Bank Indonesia!” Kerjasama ini merupakan wujud apresiasi Danamon, sebagai salah satu institusi keuangan terkemuka di Indonesia, terhadap sejarah dan nilai seni mata uang Indonesia. 

Dalam acara yang diselenggarakan di Museum BI, Jakarta, Danamon yang diwakilkan oleh Joseph Bataona, Direktur Danamon, melakukan penandatanganan secara simbolis dengan Chandra Murniadi, selaku Direktur Eksekutif, Kepala Departemen, Departemen Museum Bank Indonesia, sebagai tanda kerjasama dalam sosialisasi sejarah uang Indonesia.

“Meskipun uang merupakan benda yang selalu digunakan setiap orang, tidak banyak yang mengenal sejarah mata uang itu sendiri. Masyarakat masih memahami uang berdasarkan fungsinya saja, padahal penerbitan uang memiliki spektrum kesejarahan yang lebih luas, serta memiliki unsur estetika yang penuh makna dan menerapkan berbagai inovasi teknologi percetakan sebagai sarana pengamanan terhadap upaya pemalsuan. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi kami sebagai pelaku di industri keuangan untuk mendukung program sosialisasi sejarah uang melalui Museum Bank Indonesia,” kata Joseph Bataona.

Danamon juga meluncurkan Agenda dan Kalender tahun 2013 yang bertema ‘Jelajah Seri Uang Indonesia’. Agenda dan Kalender tersebut menampilkan desain-desain dari uang Indonesia sepanjang sejarah untuk menunjukan apresiasi terhadap keindahan rangkaian huruf, gambar, warna, serta teknik cetak yang khas pada mata uang Indonesia. Selain nilai seni mata uang Indonesia, Agenda dan Kalender ini juga memberi penjelasan sejarah penerbitan uang Indonesia serta makna simbolik dibalik desain mata uang Indonesia.        
           
“Kami harap, dengan kerjasama ini, kekayaan sejarah, dan nilai seni yang tercermin dalam mata uang Indonesia selalu dikenal oleh masyarakat dan diakui sebagai salah satu warisan budaya Indonesia. Kami juga mengajak masyarakat untuk mengenal lebih dalam sejarah uang Indonesia dengan mengunjungi Museum Bank Indonesia sebagai alternatif rekreasi keluarga yang penuh dengan nilai sejarah, pendidikan, dan budaya,” tambah Joseph Bataona.   

Tentang Danamon:

PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. didirikan pada tahun 1956 dan sampai dengan 30 September 2012 memiliki lebih dari 3.200 kantor cabang dan point of sales, termasuk unit Danamon Simpan Pinjam (DSP) dan unit Syariah, serta kantor-kantor cabang anak perusahaannya. Danamon memberikan kepada nasabahnya akses ke lebih dari 30.000 ATM, termasuk melalui kerjasama dengan ATM Bersama dan ALTO di 33 provinsi di Indonesia. Danamon merupakan bank terbesar ke-enam di Indonesia dalam segi aset dengan jumlah aset sebesar Rp 150 triliun sampai dengan akhir bulan September 2012.

Danamon belum lama ini meraih penghargaan “Best Private Bank with over Rp10 trillion in Assets in Risk Management Education” dalam ajang Indonesia Enterprise Risk Management Award 2012 yang diselenggarakan oleh Business Review. Danamon juga meraih penghargaan Indonesia Brand Champion 2012 dan Indonesia Service to Care Champion 2012 dari Marketeers dan Markplus Insight untuk kategori bank konvensional dengan aset di atas Rp 75 triliun. Dalam ajang internasional, Danamon meraih “Best Corporate Governance” dalam poll “Asia’s Best Companies 2012” yang diadakan oleh FinanceAsia.

Danamon adalah penerbit tunggal dan pihak yang mengakuisisi kartu kredit American Express® di Indonesia berdasarkan perjanjian pengoperasian independen yang memungkinkan Danamon menerbitkan kartu kredit American Express ® pada nasabah individual dan korporasi. Danamon juga merupakan satu-satunya bank yang memberikan layanan kepada mitra bisnis lokal yang menerima pembayaran dengan kartu kredit American Express dan untuk menerima mitra bisnis baru di Indonesia. Danamon juga adalah penerbit tunggal kartu Manchester United dengan kartu Debit/ATM dan kartu kredit Manchester United.

PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) adalah anak perusahaan Danamon yang bergerak di bidang pembiayaan kendaraan bermotor dan memiliki jaringan kantor cabang yang luas di lebih dari 260 kota di Indonesia.

Pada tanggal 30 September 2012, 67,37% saham-saham Danamon dimiliki oleh Asia Financial (Indonesia) Pte. Ltd. dan sebesar 32,63% oleh publik. Pada tanggal 2 April 2012, Danamon telah mendapatkan informasi dari Fullerton Financial Holdings Pte. Ltd. (FFH), bahwa FFH telah menjalin kesepakatan penjualan saham bersyarat (conditional share purchase agreement) dengan DBS Group Holdings (DBS) untuk menjual semua kepemilikan sahamnya di Asia Financial (Indonesia) Pte. Ltd. (AFI) kepada DBS. Transaksi ini akan difinalisasi setelah diperoleh persetujuan, antara lain, dari pemegang saham DBS dan para regulator di Singapura dan Indonesia, termasuk Bank Indonesia.


Posted on 22 Nopember 2012
Return