Profil Perusahaan

Didirikan pada tahun 1956, PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. merupakan salah satu lembaga keuangan terbesar di Indonesia, dengan jaringan tersebar di wilayah Aceh hingga Papua.

Per 30 Juni 2016, Danamon mencatatkan aset sebesar Rp 175 triliun, didukung 1.900 kantor cabang dan pusat pelayanan, terdiri dari kantor cabang konvensional, unit Danamon Simpan Pinjam, unit Syariah, serta kantor cabang anak perusahaan, Adira. Danamon menyediakan akses ke 1.454 ATM dan 70 CDM, serta puluhan ribu ATM melalui kerja sama dengan jaringan ATM Bersama, ALTO, dan Prima yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

Sejalan dengan visi perusahaan yaitu “Kita Peduli dan Membantu Jutaan Orang Mencapai Kesejahteraan,” Danamon terus berupaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi di semua segmen usahanya melalui jaringan distribusi Danamon di Indonesia. Danamon mengembangkan beragam bisnis perbankan, meliputi perbankan usaha kecil dan menengah (UKM), perbankan komersial, perbankan korporasi, perbankan ritel, perbankan konsumer, perbankan mikro melalui Danamon Simpan Pinjam (DSP), pembiayaan perdagangan (trade finance), manajemen kas (cash management), layanan tresuri dan pasar modal, layanan lembaga keuangan serta perbankan syariah.

Selain itu, Danamon juga menyediakan pembiayaan otomotif dan barangbarang konsumen melalui Adira Finance serta layanan asuransi umum melalui Adira Insurance. Danamon senantiasa meningkatkan produk, layanan serta penjualan silang (cross-sell) kepada nasabah dalam memperkuat hubungan dengan nasabah. Pada tahun 2015, Danamon meluncurkan layanan pembayaran e-commerce atau transaksi belanja online melalui Danamon Online Banking, seiring meningkatnya transaksi berbelanja melalui internet yang telah menjadi kebutuhan dan gaya hidup masyarakat.

Selain itu, pada tahun 2015 Danamon melalui unit usaha syariahnya, Danamon Syariah, meluncurkan produk terbaru yakni Tabungan BISA Umrah iB Tabungan. Tabungan rencana dengan akad Mudharabah (bagi hasil) dirancang khusus untuk persiapan ibadah Umrah. Sebagai bank yang berkomitmen untuk meningkatkan kesadaraan dan minat masyarakat terhadap layanan keuangan, Danamon secara konsisten melakukan berbagai inisiatif dan kegiatan edukasi perbankan serta keuangan kepada masyarakat umum.

Di tahun 2015, Danamon menggelar ‘Pojok Bisa’ sebagai sarana literasi keuangan. Melalui program tersebut, Danamon mengedukasi pedagang pasar mengenai pembukuan dan ibu-ibu rumah tangga tentang bagaimana mengelola keuangan rumah tangga. Danamon juga mengundang nasabah pengusaha UMKM yang sukses untuk membagikan kiat sukses mereka dalam membangun usahanya. Danamon juga memiliki komitmen yang kuat dalam menjalankan program tanggung jawab sosial perusahaan yang dilaksanakan oleh Yayasan Danamon Peduli, diantaranya program revitalisasi pasar rakyat melalui Program Pasar Sejahtera serta berbagai kegiatan merespon bencana melalui Cepat Tanggap Bencana.

Konsistensi Danamon dalam penerapan GCG mendapat apresiasi internasional melalui penghargaan ASEAN Corporate Governance Award 2015 sebagai salah satu dari 50 emiten terbaik di Asia Tenggara dan 3 emiten terbaik di Indonesia dalam penerapan GCG yang diselenggarakan oleh ASEAN Capital Market Forum (ACMF). Danamon juga meraih penghargaan ‘Best Overall’ dalam 7th IICD Corporate Governance Conference and Award.

Per 31 Juni 2016, 67,37% saham Danamon dimiliki oleh Asia Financial (Indonesia) Pte. Ltd., 6,69% oleh JPMCB-Franklin Templeton Investment Funds, dan 25,94% dimiliki oleh publik.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Danamon, mohon merujuk kepada laporan tahunan Danamon disini.

Legalitas Perusahaan

Nama PT Bank Danamon Indonesia, Tbk.
Bidang Usaha Layanan Perbankan
Akta Pendirian 16 Juli 1956
Dasar Hukum Pendirian Akta notaris Meester Raden Soedja, S.H. No. 134 tangga1 6 Juli 1956 yang disahkan oleh Menteri Kehakiman Republik Indonesia dengan Surat Keputusan No. J.A.5/40/8 tanggal 24 April 1957 dan telah diumumkan dalam Tambahan No.664, pada Berita Negara Republik Indonesia No. 46 tanggal 7 Juni 1957.
Anggaran Dasar Terakhir

Akta No. 34 tanggal 28 Oktober 2015, yang dibuat di hadapan P. Sutrisno A. Tampubolon, S.H., M.Kn, Notaris di Jakarta, yang telah diterima serta dicatat dalam Database Sistem Administrasi Badan Hukum Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia  No. AHU-AH.01.03-0975382 tanggal 28 Oktober 2015

Bursa Efek Bursa Efek Indonesia
Kode Saham BDMN
ISIN Code ID1000094204
SWIFT Code BDINIDJA
Izin Usaha Surat Departemen Keuangan Republik Indonesia No.161259/U.M.II tanggal 30  September 1958
Izin Bank Devisa Surat Bank Indonesia No.21/10/Dir/UPPS Tanggal 05 Nopember 1988
Izin Bank dengan Kegiatan Prinsip Syariah

Surat Direktorat Perizinan dan Informasi Perbankan Bank Indonesia No.3/744/DPIP/Prz Tanggal 31 Desember 2001

 

Izin Bank Persepsi Surat Direktorat Jenderal Pajak - Departemen Keuangan Republik Indonesia No.S - 480/PJ.9/1989 Tanggal 07 September 1989
Tanda Daftar Perusahaan 09.03.1.65.26912 berlaku sampai dengan 7 Oktober 2018

Nomor Pokok Wajib Pajak

01.308.470.2-091.000
Izin Bank Kustodian Surat Bapepam & LK No. Kep-02/PM/Kstd/2002 tanggal 15 Oktober 2002
Izin Wali Amanat Surat Bapepam & LK No.S-1600/PM/2000 tanggal 30 Juni 2000
Global Intermediary Identification Number (GIIN) WZU780.99999.SL.360
Kantor Pusat PT Bank Danamon Indonesia, Tbk.
Menara Bank Danamon
Jl. HR. Rasuna Said, Blok C No. 10
Kel. Karet, Kec. Setiabudi
Jakarta 12920 – Indonesia
Phone: (+62 21) 80645000
Situs dan email www.danamon.co.id
corpsec@danamon.co.id
public.affairs@danamon.co.id
investor.relation@danamon.co.id

 

Penghargaan Terkini

 

2015 

No.
Awards
Events
Organizer
1.       
The Best Champion of Banjarmasin
The Best Champion of Bali
The Champion of Pekanbaru
The Champion of Manado 
WOW Service Excellence Award 2015
Markplus Inc.
2.
Peringkat Pertama Digital Brand Institusi Keuangan – Kategori Unit Usaha Syariah
Peringkat Kedua Product Brand – Kategori Tabungan Unit Usaha Syariah
Infobank Digital Awards 2015
Infobank
3.
Silver Winner
CECT CSR Award 2015
Universitas Trisakti
4.
Consumer Bank of the Year
Customer Satisfaction Award 2014
Roy Morgan Research
5.
Winner Best Bancassurance Product, Product Excellence category.
Highly Commended Best Initiative in Financial Inclusion, Service Excellence category
Highly Commended Best Graduate Employment Scheme, People Excellence category
Asia Trailblazer Award 2015
 Retail Banker International (RBI)
 6.     
3rd in Branch category
4th in the Branch – E-channel category
Service Excellence
Survei BSEM 2014/2015
Marketing Research Indonesia (MRI)
7.   
Asia's Best Companies 2015
Finance Asia Award
Finance Asia
8.  
The Best Multifinance 2015
CEO Pilihan
Bisnis Indonesia Award 2015
Bisnis Indonesia
9.   
Best Mobile Banking Project in Indonesia
The Asian Banker Technology Implementation Awards 2015
The Asian Banker

  

 2014 

No.
Awards
Events
Organizer
1.       
US Dollar STP Excellence Award for the Exceptional Quality of Payment Messages” with a rating of STP 98.3%
 
 
2013 USD STP Excellence Award
Deutsche Bank
2.       
5th Best Overall Performance – Commercial Bank (with a score of 82.56)
Banking Service Excellence Monitor (BSEM) Survey 2013/2014
MRI and Infobank Magazine
3.       
1st Best Teller – Commercial Bank (with a score of 91.63)
Banking Service Excellence Monitor (BSEM) Survey 2013/2014
MRI and Infobank Magazine
4.       
1st Best ATM – Islamic Business Unit (with a score of 100)
Banking Service Excellence Monitor (BSEM) Survey 2013/2014
MRI and Infobank Magazine
5.       
3rd Best Phone Handling – Islamic Business Unit (with a score of 68.85)
Banking Service Excellence Monitor (BSEM) Survey 2013/2014
MRI and Infobank Magazine
6.       
The World’s Largest Public Companies 2014
Forbes Global 2000 of 2014
Forbes Magazine, United States of America
7.       
Bank with category of “Very Good” on Financial Performance in 2013
Infobank Awards 2014
Infobank Magazine
8.       
Best Domestic Provider of FX Services
Asiamoney Foreign Exchange (FX) Poll 2014
Asiamoney
9.       
Best Domestic Provider for FX Products and Services
Asiamoney Foreign Exchange (FX) Poll 2014
Asiamoney
10.    
Best Domestic Provider for FX Options
 
Asiamoney Foreign Exchange (FX) Poll 2014
Asiamoney
 
 
 
11.    
Best Domestic Provider for FX Research and Market Coverage
Asiamoney Foreign Exchange (FX) Poll 2014
Asiamoney
 
12.    
Silver Champion of Indonesia WOW Brand 2014 for Category of Banking Industry for Mortgage Products
Indonesia WOW Brand 2014
 
13.    
1st Winner of Annual Report Award (ARA) 2013 for Category of Private Financial of Listed Companies
Annual Report Award (ARA)
Financial Services Authority (OJK), Bank of Indonesia (BI), Indonesia Stock Exchange (BEI), Directorate General of Taxation, Ministry of Stated-Owned Enterprises, the National Commission on Governance and the Indonesian Institute of Accountants.
 
14.    
Best Corporate Governance Overall
(8 December 2014)
Best CorporateGovernance Award
 
The Indonesian Institute for Corporate Governance
15.    
Runner Up-1 Sustainability Reporting
Award 2014 Category Financial Services
The 10Th Sustainability Award
The National Centerfor SustainabilityReporting (NCSR)