Profil Perusahaan

PT Bank Danamon Indonesia Tbk. didirikan pada 1956. Nama Bank Danamon berasal dari kata “dana moneter” dan pertama kali digunakan pada 1976, ketika perusahaan berubah nama dari Bank Kopra.

Pada 1988, Bank Indonesia meluncurkan paket reformasi perbankan yang dikenal dengan “Paket Oktober 1988” atau PAKTO 88. Tujuan utama PAKTO 88 adalah untuk membangun kompetisi dalam sektor perbankan dengan memberikan kemudahan persyaratan, termasuk liberalisasi peraturan tentang pendirian bank swasta domestik baru dan bank joint-venture. Sebagai hasil dari reformasi ini, Bank Danamon menjadi salah satu bank valuta asing pertama di Indonesia, dan menjadi perusahan publik yang tercatat di Bursa Efek Jakarta.

Saat ini, “Danamon” adalah salah satu institusi keuangan terbesar di Indonesia dari jumlah pegawai – sekitar 67,000 (termasuk karyawan anak perusahaan) pada Desember 2012 - yang berfokus untuk merealisasikan visinya: “Kita peduli dan membantu jutaan orang mencapai kesejahteraan.”

Dalam mewujudkan visi ini, Danamon telah bertekad untuk menjadi “Lembaga Keuangan Terkemuka di Indonesia” yang keberadaanya diperhitungkan. Danamon bertujuan mencapai posisi ini dengan menjadi organisasi yang berpusat pada nasabah; yang melayani semua segmen, dengan menawarkan nilai yang unik untuk masing-masing segmen; berdasarkan keunggulan penjualan dan pelayanan, dengan didukung oleh teknologi kelas dunia. Sejalan dengan upaya ini, Danamon beraspirasi menjadi perusahaan pilihan untuk berkarya dan dihormati oleh semua pihak pemangku kepentingan, sementara memegang teguh kelima nilai perusahaan yaitu: peduli, jujur, mengupayakan yang terbaik, kerjasama, dan profesionalisme yang disiplin.

Tumpuan Danamon untuk memenuhi semua kebutuhan nasabahnya tercermin dari pendekatan bisnis. Fokus perbankan yang universal, diimplementasikan pada tahun 2003 menentukan arah ekspansi bisnis Danamon ke depan. Pada akhir 2004, Danamon telah melengkapi rangkaian segmen usahanya, mulai dari mass market, perbankan komersial dan UKM, perbankan ritel, bisnis kartu kredit, perbankan syariah, perbankan korporasi, tresuri, pasar modal dan lembaga keuangan, serta Adira Finance. Pada 2004 Danamon juga membangun bisnis asuransi dan bisnis keuangan rumah tangga lewat Adira Insurance dan Adira Kredit (dulunya Adira Quantum). Pembelian bisnis kartu American Express di Indonesia pada 2006 memposisikan Danamon sebagai salah satu penerbit kartu terbesar di Indonesia.

Sebagai surviving entity dari peleburan 9 Bank Taken Over (BTO) pada masa krisis keuangan Asia di akhir 1990-an, Danamon telah bangkit menjadi salah satu bank swasta terbesar dan terkuat di Asia. Didukung oleh lebih dari 50 tahun pengalaman, Danamon terus berupaya untuk memenuhi brand promise-nya untuk menjadi bank yang “bisa mewujudkan setiap keinginan nasabah”. Saat ini Danamon adalah bank ke-enam terbesar di Indonesia berdasarkan aset, dengan jaringan sejumlah sekitar 2.500, terdiri dari antara lain kantor cabang konvensional, unit Danamon Simpan Pinjam (DSP) dan unit Syariah, serta kantor-kantor cabang anak perusahaannya. Danamon juga didukung oleh serangkaian fasilitas perbankan elektronik yang komprehensif. 

Legalitas Perusahaan

Nama PT Bank Danamon Indonesia, Tbk.
Bidang Usaha Layanan Perbankan
Akta Pendirian 16 Juli 1956
Dasar Hukum Pendirian Akta notaris Meester Raden Soedja, S.H. No. 134 tangga1 6 Juli 1956 yang disahkan oleh Menteri Kehakiman Republik Indonesia dengan Surat Keputusan No. J.A.5/40/8 tanggal 24 April 1957 dan telah diumumkan dalam Tambahan No.664, pada Berita Negara Republik Indonesia No. 46 tanggal 7 Juni 1957.
  
 
Anggaran Dasar Terakhir
  • Akta notaris No. 27 tanggal 30 Maret 2011, yang dibuat di hadapan P. Sutrisno A. Tampubolon, S.H., M.Kn, Notaris di Jakarta, yang telah diterima serta dicatat dalam Database Sistem Administrasi Badan Hukum Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia  No. AHU-AH.01.10-12461 tanggal 27 April 2011 dan pemberitahuan perubahan telah diterima oleh Kantor Pendaftaran Perusahaan Kotamadya Jakarta Selatan pada tanggal 15 Juni 2011.
  • Akta notaris No.12 tanggal 12 Oktober 2011, yang dibuat di hadapan Fathiah Helmi S.H., Notaris di Jakarta, yang telah diterima serta dicatat dalam Database Sistem Administrasi Badan Hukum Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia No. AHU-AH.01.10-32958, tertanggal 13 Oktober 2011 dan pemberitahuan perubahan telah diterima oleh Kantor Pendaftaran Perusahaan Kotamadya Jakarta Selatan tanggal 22 Desember 2011.
Bursa Efek Bursa Efek Indonesia
Kode Saham BDMN
ISIN Code ID1000094204
SWIFT Code BDINIDJA
Izin Usaha Surat Departemen Keuangan Republik Indonesia No.161259/U.M.II tanggal 30  September 1958
Izin Bank Devisa Surat Bank Indonesia No.21/10/Dir/UPPS Tanggal 05 Nopember 1988
Izin Bank dengan Kegiatan Prinsip Syariah

Surat Direktorat Perizinan dan Informasi Perbankan Bank Indonesia No.3/744/DPIP/Prz Tanggal 31 Desember 2001

 

Izin Bank Persepsi Surat Direktorat Jenderal Pajak - Departemen Keuangan Republik Indonesia No.S - 480/PJ.9/1989 Tanggal 07 September 1989
Tanda Daftar Perusahaan 09.03.1.65.26912 berlaku sampai dengan 7 Oktober 2018

Nomor Pokok Wajib Pajak

01.308.470.2-091.000
Izin Bank Kustodian Surat Bapepam & LK No. Kep-02/PM/Kstd/2002 tanggal 15 Oktober 2002
Izin Wali Amanat Surat Bapepam & LK No.S-1600/PM/2000 tanggal 30 Juni 2000
Global Intermediary Identification Number (GIIN) WZU780.99999.SL.360
Kantor Pusat PT Bank Danamon Indonesia, Tbk.
Menara Bank Danamon
Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. E4 No. 6
Mega Kuningan, Jakarta 12950,
Indonesia
Phone: (+62 21) 5799 1001-03
Fax (+62 21) 5799 1160
Situs dan email www.danamon.co.id
corpsec@danamon.co.id
public.affairs@danamon.co.id
investor.relation@danamon.co.id

 

Penghargaan Terkini

2013

Penghargaan Event Lembaga Pemberi
·         Peringkat Pertama Kategori Kartu Kredit
·         Peringkat Kedua Kategori Unit Usaha Syariah
·         Peringkat Kedua Kategori Tabungan Unit Usaha Syariah
·         Peringkat Kedua Kategori Perusahaan Pembiayaan
Infobank Digital Brand of The year 2012 Infobank
3rd Rank The Best Customer Choice Bandung Region untuk Kategori Service Quality The 9th Islamic Finance 2013. Islamic Finance Award & Cup 2013”(IIFAC 2013)
Contact Center Service Excellence Award 2013 untuk kategori Call Center Banking dan Email Service Center Banking Contact Center Service Excellence Award 2013

CARRE

Process Excellence in Customer Centricity

(untuk inovasi sistem layanan nasabah Danamon yaitu E-Bizzpro)
 

BPA Trailblazer Awards 2013 Majalah Banking & Payment Asia
2012 Straight-Through-Processing (STP) Award Excellence for the Improvement of the STP 2012 Straight-Through-Processing (STP) Award Excellence ING Bank Brussels-Belgium untuk EUR Payment.
Service Excellence Champion (untuk Kategori Conventional Banking (Asset <150 T) di tiga wilayah yakni Balikpapan, Bali dan Manado. Service Excellence Award 2013 MarkPlus Insight
Penyampaian Data Daftar Hitam Individual Bank Terbaik Penyampaian Data Daftar Hitam Individual Bank Terbaik Bank Indonesia
Peringkat ke-4 dan masuk dalam jajaran 10 Bank Syariah Terbaik Dalam Pelayanan Prima 10 Bank Syariah Terbaik Dalam Pelayanan Prima Majalah Infobank Mei 2013.
Banking Efficiency Award 2013 kategori Bank Umum Devisa. Banking Efficiency Award 2013 Bisnis Indonesia Intelligence Unit (BIIU)
ISO 22301: 2012-BCMS ISO 22301: 2012-BCMS British Standards Institute
Peringkat 1, Information Technology/ Peringkat 2 Good Corporate Governance, Kategori bank dengan modal inti Rp 5 triliun – Rp 30 triliun Anugerah Perbankan Indonesia 2013 Majalah Economic Review, Perbanas Institute
Peringkat 1456 - Forbes Global 2000 Forbes Global 2000 Forbes Magazine
Peringkat 2 Annual Report Award 2012 Kategori Private Keuangan Listed Annual Report Award Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI), dan Bursa Efek Indonesia (BEI)
Best Overall Award – ASEAN Corporate Governance Scorecard 5th Indonesian Institute of Corporate Directorship  Corporate Governance Conference and Award Indonesian Institute of Corporate Directorship (IICD)
Commendation For First Time Report 2012/ Runner Up 2 – Best Sustainability Reporting 2012 Category Financial Service The 9th Sustainability Reporting Award The National Center for Sustainability Reporting (NCSR)