Profil Perusahaan

PT Bank Danamon Indonesia Tbk. didirikan pada 1956. Nama Bank Danamon berasal dari kata “dana moneter” dan pertama kali digunakan pada 1976, ketika perusahaan berubah nama dari Bank Kopra.

Pada 1988, Bank Indonesia meluncurkan paket reformasi perbankan yang dikenal dengan “Paket Oktober 1988” atau PAKTO 88. Tujuan utama PAKTO 88 adalah untuk membangun kompetisi dalam sektor perbankan dengan memberikan kemudahan persyaratan, termasuk liberalisasi peraturan tentang pendirian bank swasta domestik baru dan bank joint-venture. Sebagai hasil dari reformasi ini, Bank Danamon menjadi salah satu bank valuta asing pertama di Indonesia, dan menjadi perusahan publik yang tercatat di Bursa Efek Jakarta.

Danamon telah bertekad untuk menjadi “Lembaga Keuangan Terkemuka di Indonesia” yang keberadaanya diperhitungkan. Danamon bertujuan mencapai posisi ini dengan menjadi organisasi yang berpusat pada nasabah; yang melayani semua segmen, dengan menawarkan nilai yang unik untuk masing-masing segmen; berdasarkan keunggulan penjualan dan pelayanan, dengan didukung oleh teknologi kelas dunia. Sejalan dengan upaya ini, Danamon beraspirasi menjadi perusahaan pilihan untuk berkarya dan dihormati oleh semua pihak pemangku kepentingan, sementara memegang teguh kelima nilai perusahaan yaitu: peduli, jujur, mengupayakan yang terbaik, kerjasama, dan profesionalisme yang disiplin.

Tumpuan Danamon untuk memenuhi semua kebutuhan nasabahnya tercermin dari pendekatan bisnis. Fokus perbankan yang universal, diimplementasikan pada tahun 2003 menentukan arah ekspansi bisnis Danamon ke depan. Pada akhir 2004, Danamon telah melengkapi rangkaian segmen usahanya, mulai dari mass market, perbankan komersial dan UKM, perbankan ritel, bisnis kartu kredit, perbankan syariah, perbankan korporasi, tresuri, pasar modal dan lembaga keuangan, serta Adira Finance. Pada 2004 Danamon juga membangun bisnis asuransi dan bisnis keuangan rumah tangga lewat Adira Insurance dan Adira Kredit (dulunya Adira Quantum). Pembelian bisnis kartu American Express di Indonesia pada 2006 memposisikan Danamon sebagai salah satu penerbit kartu terbesar di Indonesia.

Sebagai surviving entity dari peleburan 9 Bank Taken Over (BTO) pada masa krisis keuangan Asia di akhir 1990-an, Danamon telah bangkit menjadi salah satu bank swasta terbesar dan terkuat di Asia. Didukung oleh lebih dari 50 tahun pengalaman, Danamon terus berupaya untuk memenuhi brand promise-nya untuk menjadi bank yang “bisa mewujudkan setiap keinginan nasabah”.

Danamon adalah salah satu institusi keuangan terbesar di Indonesia dari jumlah pegawai – sekitar 60,618 (termasuk karyawan anak perusahaan) pada Desember 2014 - yang berfokus untuk merealisasikan visinya: “Kita peduli dan membantu jutaan orang mencapai kesejahteraan.”

Danamon adalah bank ke-enam terbesar di Indonesia berdasarkan aset, dengan jaringan sejumlah sekitar 2.156 pada akhir Desember 2014, terdiri dari antara lain kantor cabang konvensional, unit Danamon Simpan Pinjam (DSP) dan unit Syariah, serta kantor-kantor cabang anak perusahaannya. Danamon juga didukung oleh serangkaian fasilitas perbankan elektronik yang komprehensif. 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Danamon, mohon merujuk kepada laporan tahunan Danamon disini.

Legalitas Perusahaan

Nama PT Bank Danamon Indonesia, Tbk.
Bidang Usaha Layanan Perbankan
Akta Pendirian 16 Juli 1956
Dasar Hukum Pendirian Akta notaris Meester Raden Soedja, S.H. No. 134 tangga1 6 Juli 1956 yang disahkan oleh Menteri Kehakiman Republik Indonesia dengan Surat Keputusan No. J.A.5/40/8 tanggal 24 April 1957 dan telah diumumkan dalam Tambahan No.664, pada Berita Negara Republik Indonesia No. 46 tanggal 7 Juni 1957.
  
 
Anggaran Dasar Terakhir
  • Akta notaris No. 27 tanggal 30 Maret 2011, yang dibuat di hadapan P. Sutrisno A. Tampubolon, S.H., M.Kn, Notaris di Jakarta, yang telah diterima serta dicatat dalam Database Sistem Administrasi Badan Hukum Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia  No. AHU-AH.01.10-12461 tanggal 27 April 2011 dan pemberitahuan perubahan telah diterima oleh Kantor Pendaftaran Perusahaan Kotamadya Jakarta Selatan pada tanggal 15 Juni 2011.
  • Akta notaris No.12 tanggal 12 Oktober 2011, yang dibuat di hadapan Fathiah Helmi S.H., Notaris di Jakarta, yang telah diterima serta dicatat dalam Database Sistem Administrasi Badan Hukum Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia No. AHU-AH.01.10-32958, tertanggal 13 Oktober 2011 dan pemberitahuan perubahan telah diterima oleh Kantor Pendaftaran Perusahaan Kotamadya Jakarta Selatan tanggal 22 Desember 2011.
Bursa Efek Bursa Efek Indonesia
Kode Saham BDMN
ISIN Code ID1000094204
SWIFT Code BDINIDJA
Izin Usaha Surat Departemen Keuangan Republik Indonesia No.161259/U.M.II tanggal 30  September 1958
Izin Bank Devisa Surat Bank Indonesia No.21/10/Dir/UPPS Tanggal 05 Nopember 1988
Izin Bank dengan Kegiatan Prinsip Syariah

Surat Direktorat Perizinan dan Informasi Perbankan Bank Indonesia No.3/744/DPIP/Prz Tanggal 31 Desember 2001

 

Izin Bank Persepsi Surat Direktorat Jenderal Pajak - Departemen Keuangan Republik Indonesia No.S - 480/PJ.9/1989 Tanggal 07 September 1989
Tanda Daftar Perusahaan 09.03.1.65.26912 berlaku sampai dengan 7 Oktober 2018

Nomor Pokok Wajib Pajak

01.308.470.2-091.000
Izin Bank Kustodian Surat Bapepam & LK No. Kep-02/PM/Kstd/2002 tanggal 15 Oktober 2002
Izin Wali Amanat Surat Bapepam & LK No.S-1600/PM/2000 tanggal 30 Juni 2000
Global Intermediary Identification Number (GIIN) WZU780.99999.SL.360
Kantor Pusat PT Bank Danamon Indonesia, Tbk.
Menara Bank Danamon
Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. E4 No. 6
Mega Kuningan, Jakarta 12950,
Indonesia
Phone: (+62 21) 5799 1001-03
Fax (+62 21) 5799 1160
Situs dan email www.danamon.co.id
corpsec@danamon.co.id
public.affairs@danamon.co.id
investor.relation@danamon.co.id

 

Penghargaan Terkini

 2014 

No.
Awards
Events
Organizer
1.       
US Dollar STP Excellence Award for the Exceptional Quality of Payment Messages” with a rating of STP 98.3%
 
 
2013 USD STP Excellence Award
Deutsche Bank
2.       
5th Best Overall Performance – Commercial Bank (with a score of 82.56)
Banking Service Excellence Monitor (BSEM) Survey 2013/2014
MRI and Infobank Magazine
3.       
1st Best Teller – Commercial Bank (with a score of 91.63)
Banking Service Excellence Monitor (BSEM) Survey 2013/2014
MRI and Infobank Magazine
4.       
1st Best ATM – Islamic Business Unit (with a score of 100)
Banking Service Excellence Monitor (BSEM) Survey 2013/2014
MRI and Infobank Magazine
5.       
3rd Best Phone Handling – Islamic Business Unit (with a score of 68.85)
Banking Service Excellence Monitor (BSEM) Survey 2013/2014
MRI and Infobank Magazine
6.       
The World’s Largest Public Companies 2014
Forbes Global 2000 of 2014
Forbes Magazine, United States of America
7.       
Bank with category of “Very Good” on Financial Performance in 2013
Infobank Awards 2014
Infobank Magazine
8.       
Best Domestic Provider of FX Services
Asiamoney Foreign Exchange (FX) Poll 2014
Asiamoney
9.       
Best Domestic Provider for FX Products and Services
Asiamoney Foreign Exchange (FX) Poll 2014
Asiamoney
10.    
Best Domestic Provider for FX Options
 
Asiamoney Foreign Exchange (FX) Poll 2014
Asiamoney
 
 
 
11.    
Best Domestic Provider for FX Research and Market Coverage
Asiamoney Foreign Exchange (FX) Poll 2014
Asiamoney
 
12.    
Silver Champion of Indonesia WOW Brand 2014 for Category of Banking Industry for Mortgage Products
Indonesia WOW Brand 2014
 
13.    
1st Winner of Annual Report Award (ARA) 2013 for Category of Private Financial of Listed Companies
Annual Report Award (ARA)
Financial Services Authority (OJK), Bank of Indonesia (BI), Indonesia Stock Exchange (BEI), Directorate General of Taxation, Ministry of Stated-Owned Enterprises, the National Commission on Governance and the Indonesian Institute of Accountants.
 
14.    
Best Corporate Governance Overall
(8 December 2014)
Best CorporateGovernance Award
 
The Indonesian Institute for Corporate Governance
15.    
Runner Up-1 Sustainability Reporting
Award 2014 Category Financial Services
The 10Th Sustainability Award
The National Centerfor SustainabilityReporting (NCSR)